Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Debat Capres Disebut Tidak Berpengaruh, Pilpres Bisa Jadi Hanya Satu Putaran

Dengan demikian, para pemilih di luar generasi milenial dan Z rata-rata sudah mentnukan pilihan dan tidak terpengaruh dengan adanya debat. 

Penulis: Reza Deni
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Debat Capres Disebut Tidak Berpengaruh, Pilpres Bisa Jadi Hanya Satu Putaran
Istimewa
Diskusi publik bertajuk 'Mungkinkah Debat Capres-Cawapres Mempengaruhi Pemilih di Pilpres 2024?' di G Coffee, Cikini Jakarta, Kamis (28/12/023). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menyebutkan bahwa debat capres dan cawapres belum mempengaruhi sikap politik pemilih atau publik dalam menentukan pilihan politiknya di Pilpres 2024.

"Apakah debat mempengaruhi opini publik dan menaikan elektabilitas? Secara faktual kita belum menemukan survei terkait itu. Kenapa debat belum mempengaruhi karena memang mereka yang harus dipengaruhi seperti milenial, Gen Z, banyak yang gak peduli, mereka acuh, cuek dan apatis. Karena pilpres 2024 ini didominasi anak-anak muda," kata Ujang dalam Diskusi Publik bertajuk 'Mungkinkah Debat Capres-Cawapres Mempengaruhi Pemilih di Pilpres 2024?' di G Coffee, Cikini Jakarta, Kamis (28/12/023).

Dengan demikian, para pemilih di luar generasi milenial dan Z rata-rata sudah menentuukan pilihan dan tidak terpengaruh dengan adanya debat. 

Bahkan, Dosen Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Jakarta ini memprediksi Pilpres 2024 nanti bakal digelar satu putaran saja yang bisa dimenangkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Ujang beralasan, dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada pasangan capres - cawapres 02 tersebut berdampak besar dan berpotensi memenangkan Prabowo - Gibran satu putaran.

"Pilpres Bisa Satu putaran. Apakah Pilpres bisa satu putaran? bisa. Kalau pak Jokowi gaspol untuk pasangan Prabowo-Gibran itu mungkin satu putaran akan terjadi," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, perwakilan relawan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, Riyanda Barmawi mengatakan, capres Prabowo merupakan figur atau tokoh yang punya komitmen dan agenda terhadap kedaulatan politik bangsa.

Sebab, menurutnya, isu kedaulatan secara fundamental dan konsisten diutarakan Prabowo dalam beberapa waktu.

"Isu soal kedaulatan pangan, kedaulatan ekonomi, isu soal kedaulatan maritim, semua sektor, isu kedaulatan ini hanya Prabowo yang saya lihat cukup kaffah memahaminya. Artinya bukan gimmick soal kedaulatan. Tapi ada sikap politik untuk menjaga kedaulatan dan teritori bangsa ini," ujar Riyanda Barmawi.

Baca juga: Viral Video Anies Dikeplak Pria Bertopi, Timnas AMIN Bereaksi Hingga NasDem Kalbar Beberkan Fakta

Hal tersebut bisa dilihat dalam masa pengabdian Prabowo di TNI. Hal itu disebut sebagi bentuk kontribusi terhadap bangsa ini.

"Itu salah satu agenda kedaulatan yang beliau jaga," katanya.

Selain itu, saat ini semua anak-anak muda punya mimpi soal regenerasi kepemimpinan yang dipresentasikan Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya, Gibran mendapatkan momentum yang baik meskipun ditengah situasi Gibran tidak memilih untuk dilahirkan dari anak Jokowi.

Dia menegaskan, bahwa tidak ada soal politik dinasti dalam proses demokrasi yang dilakukan dengan pemilihan umum. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas