Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Akademisi: Menangkan Anies-Muhaimin demi Menyelamatkan Bangsa dan Negara

Guru besar senior dari Fakultas Hukum Universitas Surabaya (Ubaya) yang juga anggota Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskan

Editor: Content Writer
zoom-in Akademisi: Menangkan Anies-Muhaimin demi Menyelamatkan Bangsa dan Negara
ubaya.ac.id
Dosen Fakultas Hukum Universitas Surabaya (Ubaya), Hesti Armiwulan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga survei kredibel dari Australia menyoroti lonjakan dukungan pemilih yang mencolok (a notable surge) untuk kandidat Calon Presiden nomor urut satu Anies Baswedan pascadebat pemilihan presiden pertama.

“Pascadebat pilpres pertama, Utting Research mencatat kenaikan mencolok jumlah pemilih dari calon Presiden Anies Baswedan sebesar 6 persen," terang Managing Director Utting Research John Utting, Kamis (4/1/2024).

"Hasil survei menunjukkan bahwa (Anies) Baswedan mendapatkan 28 persen suara. Kenaikan ini menjadi titik balik (turning point) dalam pilpres, menjadikan Anies sebagai penantang utama dalam pemilihan," papar John Utting.

Baca juga: Anies-Muhaimin Kembali Raih Dukungan dari Ulama se-Kabupaten Tasikmalaya

Menanggapi hal tersebut, Guru besar senior dari Fakultas Hukum Universitas Surabaya (Ubaya) yang juga anggota Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Prof. Dr. Hj. Hesti Armiwulan, S.H., M.Hum. meyakini optimisme kemenangan Anies sebagai Presiden RI tahun 2024-2029 semakin kuat merujuk hasil survei dari Utting Research.

“Dari hari ke hari, setidaknya sejak tahapan kampanye dimulai, rakyat Indonesia menyaksikan secara langsung bagaimana kualitas dari semua paslon di pilpres 2024. Harapan yang sangat tinggi untuk kemenangan paslon nomor 1 bukan sekadar memenangkan Anies Baswedan yang memang sangat berkualitas, melainkan ada harapan yang lain, yaitu untuk menyelamatkan bangsa dan negara Indonesia dari rezim yang tidak menghormati prinsip rule of law dan prinsip rule of ethic serta prinsip sebagai negara hukum yang demokratis,” terang Hesti dalam rilis yang diterima Tribunnews, Jumat (5/1/2024).

Hesti pun meyakini mayoritas rakyat Indonesia menghendaki perubahan. “Harapan perubahan menuju negara Indonesia yang mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia hanya bisa dipenuhi oleh paslon nomor 1 Anies dan Muhaimin,” ucapnya.

Baca juga: Timnas AMIN soal Habib Bahar Bin Smith Dukung Anies-Muhaimin: Beliau Anak Muda dan Simbol Perubahan

Hal lain yang harus menjadi perhatian seluruh rakyat Indonesia, ujar Hesti, adalah fakta paslon nomor urut 2 menggunakan segala daya upaya, memobilisasi alat kekuasaan yang mencederai azas pemilu yang jujur, adil, dan berintegritas.

BERITA TERKAIT

“Aroma ketidaknetralan makin menguat ditunjukkan oleh pendukung paslon nomor 2 demi ambisi untuk melanggengkan kekuasaan,” kata dia.

“Survei Utting Research tentu lebih bisa dipercaya karena tidak memiliki kepentingan subjektif. Semoga hasil survei akan sungguh menjadi kenyataan, rakyat Indonesia pada tanggal 14 Februari 2024, dengan sadar dan cerdas, mayoritas rakyat Indonesia memilih dan memenangkan paslon nomor 1 Anies-Muhaimin,” ujar Prof. Hesti.

Menurut Utting Research, Prabowo Subianto, mengalami penurunan signifikan. “Prabowo suaranya turun 6 persen menjadi 44 persen. Sedangkan Ganjar tertahan di 21 persen. Debat pertama pilpres telah menjadi peristiwa yang pivotal (titik balik penting) di dalam rangkaian pilpres, menarik perhatian hampir setengah total pemilih, yang menonton keseluruhan ataupun sebagian debat tersebut," papar John Utting. (***Math***)

Baca juga: Ingin Pajak Jadi Stimulus Pergerakan Ekonomi, Anies-Muhaimin akan Hapus PPH untuk Kelompok Tertentu

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas