Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei Utting Australia: Suara AMIN Melejit, Prabowo Turun, Jubir: Rakyat Bersiap Sambut Perubahan

Utting Research, lembaga survei kredibel dari Australia, menyoroti lonjakan dukungan pemilih yang menyolok ke Anies Baswedan pascadebat pertama.

Penulis: Yulis
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Survei Utting Australia: Suara AMIN Melejit, Prabowo Turun, Jubir: Rakyat Bersiap Sambut Perubahan
Tribunnews.com/ Chaerul Umam
Calon Presiden nomor urut 01 Anies Baswedan di acara deklarasi dukungan Keluarga Besar HMI kepada AMIN di Lippo Kuningan, Jakarta, Rabu (27/12/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Utting Research, lembaga survei kredibel dari Australia menyoroti lonjakan dukungan pemilih yang mencolok (a notable surge) untuk kandidat Calon Presiden nomor urut satu Anies Baswedan pascadebat pemilihan presiden pertama.

“Pascadebat pilpres pertama, Utting Research mencatat kenaikan mencolok jumlah pemilih dari calon Presiden Anies Baswedan sebesar 6 persen," terang Managing Director Utting Research John Utting, Kamis 4 Januari 2024.

"Hasil survei menunjukkan bahwa (Anies) Baswedan mendapatkan 28 persen suara. Kenaikan ini menjadi titik balik (turning point) dalam pilpres, menjadikan Anies sebagai penantang utama dalam pemilihan," papar John.

Menurut Utting Research, Prabowo Subianto, mengalami penurunan dukungan signifikan. “Prabowo suaranya turun 6 persen menjadi 44 persen.

Sedangkan Ganjar tertahan di 21 persen. Debat pertama pilpres telah menjadi peristiwa yang pivotal (titik balik penting) di dalam rangkaian pilpres, menarik perhatian hampir setengah total pemilih, yang menonton keseluruhan ataupun sebagian debat tersebut," papar John.

John Utting pun mengungkapkan mayoritas responden menilai Anies sebagai capres paling mengesankan performa debatnya.

"Sebanyak 41 persen pemilih menganggap Anies Baswedan sebagai kandidat paling impresif (mengesankan) dalam debat, melampaui Prabowo 36 persen dan Ganjar 20 persen," ujar John Utting.

BERITA TERKAIT

Utting Research selama ini berpengalaman menangani riset pemilu dan kampanye di Australia, Selandia Baru, Asia Pasifik, Amerika hingga Uni Eropa.

Menanggapi hal ini, Juru Bicara Tim Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Jawa Timur, Fauzan Fuadi menyatakan pada dasarnya, siapapun lembaganya dan apapun hasil survei yang dilakukan, selalu direspon secara positif.

“Kami syukuri, kami jadikan bahan evaluasi dan cambuk untuk bekerja lebih keras lagi." ujarnya.

"Kami tidak mau terpaku pada angka-angka yang hanya akan membuat kami malas. Tetapi kami terpacu dan peduli terhadap setiap denyut nadi perubahan di tengah-tengah masyarakat yang selalu muncul pada saat kami mengenalkan sosok Pak Anies dan Gus Imin sebagai Sang Pemimpin Perubahan,” ujat Fauzan, Jumat 5 Januari 2024.

Baca juga: Hasil Survei PRC, Anies dan Prabowo Diprediksi Melaju ke Putaran Kedua Pilpres 2024, Ganjar Kalah

Fauzan yang juga Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Jawa Timur ini bersyukur, tren elektabilitas AMIN yang tumbuh semakin hari semakin positif.

“Selain kejutan statistik yang dirilis oleh Utting Research ini, rakyat saat ini tengah bersiap menunggu kejutan sebenarnya pada tanggal 14 Februari sebentar lagi,” ujar Fauzan.

Dia yakin, baik satu putaran maupun dua putaran, AMIN akan memenangkan kehendak rakyat Indonesia yang menginginkan perubahan.

Baca juga: Terima Relawan Anies-Muhaimin di TikTok, Timnas AMIN Pastikan Pergerakan Kampanye Secara Organik

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas