Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berantas Korupsi, Prabowo Bakal Naikkan Gaji Pejabat Publik jika Terpilih jadi Presiden

Prabowo berjanji bakal menaikan gaji pejabat publik dalam rangka pemberantasan korupsi jika terpilih menjadi presiden di Pilpres 2024.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Sri Juliati
zoom-in Berantas Korupsi, Prabowo Bakal Naikkan Gaji Pejabat Publik jika Terpilih jadi Presiden
YouTube KPK RI
Capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat berpidato dalam acara Paku Integritas Capres-Cawapres dan KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024). Prabowo berjanji bakal menaikan gaji pejabat publik dalam rangka pemberantasan korupsi jika terpilih menjadi presiden di Pilpres 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto mengungkapkan bakal menaikkan gaji pejabat publik jika terpilih menjadi Presiden dalam Pilpres 2024 sebagai upaya pemberantasan korupsi di Tanah Air.

Prabowo menyebut upaya semacam itu adalah pendekatan sistemik dan realisme.

Dia menjelaskan pemberian gaji besar ini diperuntukan bagi pejabat publik yang mengatur porsi anggaran yang besar.

"Jadi, menurut pandangan saya, kita harus dengan secara realistis, mengatur kualitas hidup semua pengambil keputusan yang mengendalikan roda pemerintahan terutama yang memegang anggaran besar," ujarnya dalam acara Paku Integritas Capres-Cawapres dan KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Lalu, Prabowo pun mencontohkan hakim agung di negara-negara maju yang disebutnya dijamin agar jabatan tersebut diembannya seumur hidup.

Kemudian, sambungnya, Ketua Mahkamah Agung (MA) di negara-negara maju adalah pejabat negara yang memiliki gaji tertinggi ketimbang pejabat lainnya.

"Hakim-hakim itu dijamin penghasilannya begitu besar sehingga bisa dikatakan dia tidak ada insentif untuk korupsi sama sekali," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Tak hanya hakim, Prabowo juga menginginkan agar pejabat negara lain seperti menteri hingga Dirjen turut menerima gaji besar.

Dia tidak mau gaji pejabat negara jauh lebih kecil ketimbang pejabat di perusahaan swasta.

"Sekarang direksi perusahaan swasta bahkan perusahaan BUMN, sekarang jauh lebih besar dari Panglima TNI, dari dirjen-dirjen, dari menteri-menteri yang memegang anggaran trilunan."

"Ini saya kira mendekatinya harus secara realistis, ini keyakinan saya. Jadi, kita perbaiki kualitas hidup, tingkatkan gaji semua pejabat dan penyelenggara negara," ujarnya.

Baca juga: KPK Soroti Perlunya Sanksi Tegas bagi Pejabat Publik yang Tak Laporkan LHKPN, Minta Diberhentikan

Prabowo mengklaim ketika gaji pejabat publik dinaikan, maka APBN tetap mampu untuk mengatasinya.

Dia mengungkapkan, jika hal tersebut terealisasi, maka penegakan hukum terkait pemberantasan korupsi dapat dilakukan.

"Kita mampu, kita tingkatkan kualitas hidupnya dengan berbagai sistem. Dengan demikian, kita tegakkan semua undang-undang yang perlu ditegakan," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas