Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahfud MD: Pengelolaan SDA Berkelanjutan Belum Dilakukan

Mahfud MD menyinggung bahwa dulu ada garis-garis besar haluan semesta berencana yang sudah mengatur soal pengelolaan SDA berkelanjutan

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Mahfud MD: Pengelolaan SDA Berkelanjutan Belum Dilakukan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD saat mengikuti debat ketiga Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat keempat ini bertemakan energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, ajak karbon, lingkungan hidup dan agraria serta masyarakat adat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Calon wakil presiden nomor urut 03 Mahfud MD menyampaikan, pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan belum dilakukan di Indonesua.

Pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan adalah pengelolaan sumber daya alam yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dalam mencapai mencapai kesejahteraan dan kemakmuran generasi sekarang tanpa mengorbankan generasi mendatang.

Baca juga: Debat Cawapres, Mahfud MD Singgung Food Estate yang Dianggap Gagal: Rugi Dong Kita

"Kalau dibilang 5 tahun dari sekarang untuk emisi dan bersih itu sebenarnya nanti tahun 2060 masih jauh waktunya. Tapi masalah yang kita lihat itu sebenarnya pengelolaan berkelanjutan belum dilakukan," ujar Mahfud saat debat cawapres di Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Mahfud MD menyinggung bahwa dulu ada garis-garis besar haluan semesta berencana yang sudah mengatur soal pengelolaan SDA berkelanjutan dengan sangat rinci.

Baca juga: Mahfud MD Buka Debat Cawapres Bicara Hak Manusia dan Alam Lalu Tutup dengan Kritik Food Estate

"Waktu tahun 62 atau 61 presiden mengeluarkan kebijakan itu. Nah saya sekarang ingin menanyakan kebijakan insentif dan disinsentif ekonomi hijau seperti karbon, banyak limbah dan sebagainya. Bagaimana? Apa mau melakukan itu?" tanya Mahfud MD kepada cawapres lain.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas