Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Apa Itu Greenflation? Istilah yang Ditanyakan Gibran ke Mahfud saat Debat Cawapres

Mengenal apa itu Greenflation yang disinggung calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka saat debat keempat Pilpres.

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Sri Juliati
zoom-in Apa Itu Greenflation? Istilah yang Ditanyakan Gibran ke Mahfud saat Debat Cawapres
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka saat mengikuti debat ketiga Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Mengenal apa itu Greenflation yang disinggungGibran Rakabuming Raka saat debat keempat Pilpres. 

TRIBUNNEWS.COM - Mengenal apa itu greenflation yang disinggung calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka saat debat keempat Pilpres pada Minggu (22/1/2024).

Dalam sesi tanya jawab debat Cawapres, Gibran awalnya bertanya kepada calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD terkait cara mengatasi greenflation.

"Bagaimana cara mengatasi greenflation? terima kasih," tanya Gibran saat debat di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Namun, Mahfud MD dan sejumlah pendukung bereaksi atas pertanyaan Gibran yang menggunakan istilah.

Lantas, Gibran mengatakan sengaja tak menjelaskan pengertian greenflation ke Mahfud karena dinilai telah memahaminya sebagai seorang profesor.

Tak lama kemudian, Gibran menjelaskan greenflasion adalah inflasi hijau.

Mahfud pun menyamakan greenflasion dengan ekonomi hijau.

BERITA REKOMENDASI

Apa itu greenflation?

Tentang Greenflation

Greenflasion dapat diartikan sebagai inflasi hijau.

Dikutip dari TribunJabar.id, berdasarkan Blog Kamus Cambridge, greenflation diartikan sebagai "kenaikan harga akibat peralihan ke ekonomi hijau".

Baca juga: Disinggung Gibran saat Debat, Ini Kronologi Pecahnya Demo Rompi Kuning di Prancis Imbas Greenflation

Sementara mengutip pernyataan Anggota Dewan Eksekutif European Central Bank (ECB), Isabel Schnabel, greenflation  mengacu pada kenaikan harga dan krisis tenaga kerja yang terjadi seiring dengan adanya transisi ramah lingkungan.

Adapun dampak dari greenflation ini, satu di antaranya pecahnya demo rompi kuning di Prancis dalam rentang 17 November 2018-5 Januari 2019.

Greenflation Picu Kekhawatiran Jangka Pendek

Dikutip dari euronews.com, anggota lembaga nirlaba yang berbasis di India, Dewan Energi, Lingkungan, dan Air (CEEW) Vaibhav Chaturvedi, menilai greenflation sebagai suatu kekhawatiran, terutama dalam jangka pendek.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas