Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Klaim Tak akan Kampanye, Timnas AMIN Ungkit Makan Bakso, Ganjar Singgung Peribahasa Jawa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dirinya tak bakal turun kampanye pada hari-hari terakhir menjelang pencoblosan pada 14 Februari 2024.

Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: Nuryanti
zoom-in Jokowi Klaim Tak akan Kampanye, Timnas AMIN Ungkit Makan Bakso, Ganjar Singgung Peribahasa Jawa
YouTube/Setkab
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers di Kabupaten Batubara, Sumatra Utara, Rabu (7/2/2024) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dirinya tak bakal turun kampanye pada hari-hari terakhir menjelang pencoblosan pada 14 Februari 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dirinya tak bakal turun kampanye pada hari-hari terakhir menjelang pencoblosan pada 14 Februari 2024.

Jokowi mengungkit pernyataannya beberapa waktu lalu yang sempat menuai beragam kritikan. 

Ia menegaskan bahwa presiden memang diperbolehkan kampanye dan itu diatur dalam Undang-undang.

Namun, meski ada aturan itu dirinya dengan tegas mengaku tak bakal kampanye

"Ini saya ingin menegaskan kembali pernyataan saya sebelumnya, bahwa presiden memang diperbolehkan UU untuk kampanye, dan juga sudah pernah saya tunjukkan bunyi aturannya."

"Tapi jika pertanyaannya apakah saya akan kampanye, saya jawab tidak. Saya tidak akan berkampanye," kata Jokowi di Sumatera Utara, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/2/2024).

Lebih lanjut, Jokowi memilih mengimbau seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024 mendatang. 

BERITA REKOMENDASI

Jokowi juga kembali meminta ASN, TNI, Polri, hingga Badan Intelijen Negara (BIN) untuk netral demi menjaga kedaulatan rakyat pada masa pemilu ini. 

Ia memberikan instruksi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk memastikan jalannya pemilu yang berintegritas. 

"Saya ingin menegaskan kembali bahwa ASN, TNI, Polri termasuk BIN harus netral dan menjaga kedaulatan rakyat." 

"KPU, Bawaslu dan seluruh jajaran sampai di daerah juga harus profesional dan memastikan integritas pemilu supaya suara rakyat benar-benar berdaulat," kata Jokowi. 

Baca juga: 5.111 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Kampanye Akbar Capres di GBK dan JIS Besok

Timnas AMIN: Makan Bakso Itu Kampanye Terselubung 

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Mardani Ali Sera, menilai Jokowi telah melakukan kampanye terselubung. 

Mardani mencontohkan momen saat Presiden Jokowi makan bakso bersama secara terbuka dengan Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Jokowi saat itu makan bakso bareng Prabowo setelah keduanya meresmikan Graha Utama Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas