Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua KPPS di Surabaya Meninggal saat akan Hitung Suara, Sempat Mengeluh Tak Enak Badan

Maria panggilan akrabnya menceritakan, selain menjabat sebagai ketua TPS tersebut, Joko Budiono juga menjabat sebagai Ketua RT

Editor: Muhammad Renald Shiftanto
zoom-in Ketua KPPS di Surabaya Meninggal saat akan Hitung Suara, Sempat Mengeluh Tak Enak Badan
Grafis Tribunwow/Kurnia Aji Setyawan
Ilustrasi Jenazah 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 42, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur meninggal dunia saat bertugas.

Pria bernama Joko Budiono tersebut meninggal dunia saat hendak menghitung perolehan suara.

Ia sempat dirawat di RSUD dr Soetomo Surabaya sebelum dinyatakan meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan oleh Camat Wonokromo Pemkot Surabaya Maria Agustin Yuristina.

Maria panggilan akrabnya menceritakan, selain menjabat sebagai ketua TPS tersebut, Joko Budiono juga menjabat sebagai Ketua RT di permukiman tempat tinggalnya.

Pada Rabu (14/2/2024) siang, Joko Budiono sempat mengeluh tak enak badan atau sakit di tengah menjaga dan mengawasi jalannya pemungutan suara.

Kemudian oleh anggota keluarganya, Joko Budiono dibawa ke RSUD dr Soetomo Surabaya untuk menjalani perawatan medis.

BERITA REKOMENDASI

"Hanya ikut tugas d TPS setengah hari saat hari rabu. Terus pulang dan langsung oleh keluarga diantar ke RSUD dr Soetomo karena beliau sudah ada riwayat periksa untuk sakitnya di RS tersebut," ujarnya saat dihubungi TribunJatim.com, Jumat (16/2/2024).

Ternyata, lanjut Maria, Joko Budiono menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 08.15 WIB, pada Jumat (16/2/2024), atau setelah tiga hari menjalani perawatan medis di RSUD dr Soetomo Surabaya.

"Meninggal dunia di RSUD dr Soetomo Surabaya," terangnya.

Menurut Maria, Joko Budiono sebelumnya sedang memiliki penyakit bawaan yang mempengaruhi kondisi kesehatannya selama menjaga dan bertugas di TPS 42.

Baca juga: Sejumlah Petugas KPPS Meninggal Dunia, KPU Masih Lakukan Pendataan

Bahkan, jauh sebelum adanya pelaksanaan Pemilu 2024, Joko Budiono telah menjalani serangkaian perawatan medis karena penyakitnya itu.

"Yang pasti beliau ada sakit bawaan, awal februari sudah mulai pengobatan dan sebelum pemilu beliau sudah melakukan pemeriksaan kesehatan intensif di RS dr Soetomo untuk sakit benjolan dileher yang dikeluhkan," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PPK Wonokromo Achamd Muzakky mengatakan, Joko Budiono sempat ambruk dan pingsan di tengah memantau pelaksanaan pemungutan suara di TPS 42 pada Rabu (14/2/2024).

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas