Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cara Dinkes Kabupaten Bogor Atas Caleg yang Depresi karena Pemilu 2024

Ia menuturkan, meski Dinkes Kabupaten Bogor tak menyediakan tempat khusus bagi caleg yang depresi, namun mereka bisa mendatangi fasilitas kesehatan

Editor: Muhammad Renald Shiftanto
zoom-in Cara Dinkes Kabupaten Bogor Atas Caleg yang Depresi karena Pemilu 2024
Tribun Jogja/Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 2024 

TRIBUNNEWS.COM - Calon anggota lagislatif (caleg) yang alami depresi karena gagal dalam Pemilu 2024 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat akan ditangani langsung dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Bogor.

Hal tersebut disampaikan oleh Agus Fauzi selaku Sekretaris Dinkes Kabupaten Bogor.

Ia menuturkan, meski Dinkes Kabupaten Bogor tak menyediakan tempat khusus bagi caleg yang depresi, namun mereka bisa mendatangi fasilitas kesehatan terdekat.

Apabila membutuhkan pelayanan lebih lanjut, maka empat rumah sakit umum daerah yang ada di Kabupaten Bogor siap memberikan bantuan konseling.

“Di puskesmas bisa, kalau dari puskesmas harus dirujuk, nanti tinggal rujukan ke rumah sakit, kan RSUD kita masing-masing punya psikiater, dokter spesialis jiwa,” ujarnya kepada wartawan.

Sementara itu, apabila pasien caleg yang mengalami gangguan kejiwaan itu membutuhkan perawatan intensif, maka pihaknya akan memberikan rujukan agar pasien tersebut dirawat di Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi (RSJMM) Kota Bogor.

“Ruang rawat (di RSUD) engga bisa, nanti rujukannya ke Marzuki Mahdi, ke sana, ke rumah sakit khusus jiwa,” pungkasnya.

Jateng Siapkan 7 RSJ untuk Rawat Caleg yang Alami Gangguan Jiwa

BERITA TERKAIT

Di Jawa Tengah sendiri, pihak Pemprov Jateng menyatakan siap menangani calon legislatif (caleg) yang mengalami gangguan jiwa.

Sebanyak tujuh rumah sakit (RS) telah disiapkan jika ada caleg yang mengalami permasalahan kejiwaan.

Beberapa RS yang dipersiapkan adalah RS yang ada di bawah kewenangan Pemprov Jateng. Antara lain RSUD Dr Moewardi Solo, RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto, RSUD Kelet Jepara dan RSUD Tugurejo Semarang.

Baca juga: Antisipasi Caleg Depresi, RSUD dr Harjono Ponorogo Jatim Sediakan Layanan Rawat Inap dan Konsultasi

Selain 4 RSUD, Pemprov Jateng juga menyiapkan rumah sakit jiwa. Yaitu RSJD Surakarta, RSJD Dr Amino Gondohutomo Semarang dan RSJD Dr RM Soedjarwadi Klaten.

Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Jateng, Elhamangto Zuhdan, mengatakan, persiapan yang dilakukan bukan hanya untuk caleg. Masyarakat yang terindikasi alami gangguan jiwa juga bisa dirawat di beberapa RS tersebut.

Ia berujar meski demikian, jika ada caleg gagal dan mengalami gangguan psikis beberapa RS siap menerima untuk perawatan. "Sebenarnya bukan dikhususkan untuk caleg, tapi kalau ada caleg dan terdiagnosis mengalami gangguan jiwa, 7 RS tersebut siap melakukan perawatan," katanya, Jumat (24/11/2023).

Dipaparkannya, sejumlah RS tersebut memiliki ruangan dengan jumlah tempat tidur berbeda-beda untuk menganani pasien yang mengalami gangguan jiwa. Walaupun memiliki kapasitas berbeda, tapi Zuhdan memastikan RS tersebut siap menerima pasien.

Fasilitas hingga lingkungan juga telah disesuaikan dengan kebutuhan pasien gangguan jiwa.

"Sarana prasarana hingga dokter spesialis kejiwaan kami pastikan maksimal. Jadi beberapa RS tersebut siap menangani kalau ada caleg yang mengalami gangguan jiwa," imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di TribunnewsBogor.com dengan judul Skema Dinkes Kabupaten Bogor Obati Caleg Depresi, Siapkan Perawatan, yang Parah Dioper ke RSJMM dan di TribunJateng.com dengan judul Inilah 7 Rumah Sakit di Jawa Tengah yang Disiapkan untuk Rawat Caleg Gangguan Jiwa

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas