Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Golkar Bisa Bagi-bagi Tugas, RK Tetap di Pilgub Jawa Barat dan Ahmed Zaki untuk DKI Jakarta

Menurut Ujang, dengan tetap mengusung RK di Jawa Barat, maka Golkar memiliki upaya untuk tetap menang di daerah tersebut.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Golkar Bisa Bagi-bagi Tugas, RK Tetap di Pilgub Jawa Barat dan Ahmed Zaki untuk DKI Jakarta
Istimewa
Kolase. Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar (kiri) dan Wakil Ketua Umum Golkar Bidang Penggalangan Pemilih dan Co-Chair Badan Pemenangan Pemilu Golkar, Ridwan Kamil (kanan). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Golkar dinilai memiliki opsi untuk kontestasi perebutan kursi gubernur dalam Pilkada Serentak 2024. Sejauh ini, Golkar mempunyai dua kader yang potensi maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2024, yakni Ridwan Kamil (RK) dan Ahmed Zaki Iskandar.

Terkait dengan kondisi tersebut, Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komaruddin mengatakan, sejatinya kondisi itu menenangkan bagi Partai Golkar.




Sebab, Golkar bisa bagi posisi untuk Pilgub di dua provinsi besar di Indonesia tersebut. Dalam hal ini, RK tetap berada di Pilgub Jawa Barat 2024, sementara Zaki Iskandar maju di Pilgub DKI Jakarta.

"Sebenarnya kalau Golkar memahami kebatinan partai ya dibagi, Ridwan Kamil di Jawa Barat memang dia basisnya di jawa Barat gitu ya, potensi menang nya tinggi di Jawa Barat kalau di Jakarta kan belum tentu menang juga Ridwan Kamil, nah nanti Zaki Iskandar yang di DKI gitu, kan itu, karena dia ketua DPD Golkar DKI Jakarta jadi bagi saja," kata Ujang saat dimintai tanggapannya, Senin (26/2/2024).

Menurut Ujang, dengan tetap mengusung RK di Jawa Barat, maka Golkar memiliki upaya untuk tetap menang di daerah tersebut.

Sementara di DKI Jakarta, kalaupun RK diusung untuk maju Pilgub, belum tentu mantan Wali Kota Bandung tersebut bisa menang.

BERITA TERKAIT

"Ataupun tadi Ridwan Kamil menang di DKI di Jawa baratnya (Golkar) belum tentu menang. Jadi harus diselamatkan juga basis daerah Jawa Barat tuh yang katakanlah pemilihnya paling besar," tukas dia.

Baca juga: Bursa Cagub DKI Mulai Memanas, Ridwan Kamil Vs Ahmad Sahroni Saling Tebar Psywar hingga Adu Baliho

Dihubungi terpisah, Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menyatakan, kalau keduanya memang memiliki kelayakan maju di Pilgub DKI.

"Baik Ridwan maupun Zaki memang dua sosok yang punya keunggulan untuk jadi Gubernur Jakarta. Ridwan berpengalaman sebagai Gubernur Jawa Barat, sementara Zaki pernah menjabat Bupati Tangerang," kata Jamiluddin saat dimintai tanggapannya, Senin (26/2/2024).

Pengalaman sebagai pejabat daerah tersebut, yang menurut Jamiluddin menjadi bekal yang cukup untuk RK maupun Zaki memimpin Jakarta. 

"Setidaknya dua sosok ini sudah familiar dengan birokrasi pemerintahan," beber dia.

Baca juga: Cuma Punya Basis Massa di Jabar, RK Diragukan Bisa Menang Jika Maju Pilgub DKI Jakarta

Namun demikian menurut Jamiluddin, jika menilik soal tingkat popularitas, sosok RK dinilai jauh mengungguli Zaki Iskandar.

RK menurut dia, tidak hanya populer di Jawa Barat, tapi sudah skala nasional, terlebih RK belakangan terlibat dalam agenda kemenangan pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas