Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prabowo-Gibran dan Gerindra Unggul di Babel, Pengamat Singgung Peran Erzaldi Rosman

02 Unggul digadang tidak luput dari kerja keras mantan gubernur Babel, Erzaldi Rosman yang sebagai Ketua TKD Prabowo Gibran di Provinsi Babel.

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Prabowo-Gibran dan Gerindra Unggul di Babel, Pengamat Singgung Peran Erzaldi Rosman
Istimewa
Ketua TKD Prabowo-Gibran Bangka Belitung Erzaldi Rosman (tengah) saat menghadiri konsolidasi TKD Prabowo-Gibran Babel. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah menggelar Rapat Pleno Terbuka hasil Pemilu Serentak 2024 tingkat Provinsi. Agenda tersebut berlangsung selama dua hari, yakni pada Rabu (6/3/2024) dan hingga Jumat (8/3/2024) lalu.

“Pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dimenangkan pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran dengan perolehan sebanyak 529.883 suara,” seperti dikutip dari data KPU Babel, Senin (11/3/2024).

Kemudian di posisi kedua, pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), memperoleh sebanyak 204.348 suara. Ketiga, adalah pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya meraih 151.109 suara.

Sebagi informasi, pada tujuh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Babel, total suara sah berjumlah 885.340 dan 30.938 dinyatakan sebagao suara tidak sah. Artinya total seluruh suara adalah 916.278.

Selanjutnya, pada perolehan suara Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) atau Pileg pada rapat pleno terbuka yang dilakukan KPU Provinsi Bangka Belitung, ada tiga nama yang dipastikan mendapatkan kursi di parlemen.

Pertama, Melati dari Partai Gerindra yang menempati posisi tertinggi dengan 172.949 suara. 

BERITA TERKAIT

Posisi kedua, ditempati Ir. Rudianto Tjen yang merupakan caleg nomor urut 1 dari Partai PDI Perjuangan.

“Rudianto mendapat dengan jumlah akhir 168.406 suara,” jelas KPU Babel.

Kemudian di posisi ketiga, tercatat caleg nomer urut 1 dari Partai Golkar yakni Bambang Patijaya. Dia mendapatkan jumlah akhir sebanyak 115.549 suara.

Dikutip dari Model D. Hasil Prov-DPR, KPU Provinsi Babel mencakup 7 wilayah yang terdiri Kabupaten/Kota. Pada Pileg, total suara sah sebanyak 771.812 suara dan 139.847 dinyatakan sebagao suara tidak sah. Jika ditotalkan seluruh suara sah dan tidak sah adalah 911.659 suara.

Berdasarkan hasil Pilpres dan Pileg di Provinsi Babel, menandakan kursi untuk Gerindra Unggul terhadap 2 partai besar lainnya yakni PDI Perjuangan dan juga Golkar. 

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro mengatakan hal itu digadang tidak luput dari kerja keras mantan gubernur Babel, Erzaldi Rosman yang bertindak sebagai Ketua TKD Prabowo Gibran di Provinsi Babel

"Sukses besar Erzaldi ini, tak lepas dari strategi jitu mengawinkan kekuatan relawan, partai, dan magnet figur (coat tail effect),” kata Agung 

Agung menambahkan, meski dalam kondisi tidak lagi manjabat sebagai seorang Gubernur sejak 2022, diyakini tidak mudah bagi Erzaldi  memandu kemenangan untuk Pilpres dan Pileg. Sehingga pada Pemilu 2024 Partai Gerindra mencetak bersejarah untuk Bangka Belitung.

"Dari rapat pleno KPU ini, hasilnya tidak jauh berbeda dengan hasil hitung cepat (quick count) yang digelar oleh Trias Politika Strategis bekerjasama dengan Arus Survei Indonesia pada 16 Februari 2024 lalu dan data Real Count DPD Partai Gerindra,” Agung menutup.

Sebagai informasi, Erzaldi adalah Ketua DPD Partai Gerindra di Provinsi Babel.

Baca juga: Rekapitulasi Suara di Babel: Prabowo-Gibran Teratas, Disusul Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud

Dia juga bertindak sebagai mentor untuk Caleg DPR RI Melati yang tidak lain adalah istrinya sendiri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas