Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Putra Mahkota Abu Dhabi Beri Ucapan Selamat kepada Gibran, Berharap Hubungan UAE-Indonesia Meningkat

Putra Mahkota Abu Dhabi mengucapkan selamat kepada Gibran Rakabuming Raka atas kemenangannya sebagai wakil presiden di Pilpres 2024.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Putra Mahkota Abu Dhabi Beri Ucapan Selamat kepada Gibran, Berharap Hubungan UAE-Indonesia Meningkat
Sekretariat Presiden
Putra Mahkota Abu Dhabi, Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan mengucapkan selamat kepada Gibran Rakabuming Raka atas kemenangannya sebagai wakil presiden di Pilpres 2024. Foto Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) menemani Presiden Jokowi saat menyaksikan pertunjukan budaya di Al-Wasl. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Putra Mahkota Abu Dhabi, Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan mengucapkan selamat kepada Gibran Rakabuming Raka atas kemenangannya sebagai wakil presiden di Pilpres 2024.

Ucapan selamat itu disampaikan Putra MBZ lewat sambungan telepon pada Rabu (27/3/2024).




Dalam keterangan resmi otoritas Abu Dhabi, Putra MBZ berharap masyarakat Indonesia dapat bisa melanjutkan kemajuan dan kemakmurannya.

Dia juga berharap hubungan kedua negara, Indonesia dan Uni Emirat Arab (UAE) dapat terus meningkat, serta memperluas kerja sama bilateral dan pembangunan lebih luas di berbagai bidang.

Baca juga: 5 Media Asing Sorot Sidang Sengketa Pilpres 2024: 2 Kubu yang Kalah Tuntut Pemilihan Ulang

"Kedua belah pihak juga membahas kemajuan hubungan bilateral antara dua negara sahabat dan cara-cara untuk meningkatkannya, serta topik-topik yang menjadi kepentingan bersama," tulis keterangan resmi otoritas Abu Dhabi, Rabu.

Ucapan selamat dari Sheikh Khaled bukan cuma menegaskan kedekatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Uni Emirat Arab, tapi juga sebagai penanda awal dari harapan baru dalam memperkuat kerja sama dan kemajuan bersama.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya sejumlah pemimpin negara sahabat sudah mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo-Gibran atas kemenangan dalam Pilpres 2024.

Salah satunya adalah ucapan selamat dari Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Tiongkok Xi Jinping, dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim ucapan selamat kepada Prabowo Subianto yang disebutnya telah memenangkan Pilpres 2024 di Indonesia dengan kemenangan meyakinkan.

Putin berujar ke Prabowo, bahwa hubungan Indonesia-Rusia akan terus bisa berjalan dengan dasar tradisi persahabatan dan saling menghormati.

"Bapak Prabowo Subianto yang terhormat, terimalah ucapan selamat saya yang tulus atas kesempatan kemenangan meyakinkan Anda dalam pilpres. Hubungan Indonesia-Rusia didasarkan pada tradisi persahabatan dan saling menghormati yang baik dan berhasil berkembang di berbagai bidang," kata Putin dikutip dari Kantor Berita Rusia, TASS, Jumat (16/2/2024).

Baca juga: Istana Sebut Pemerintah Tidak Akan Terlibat dalam Sidang Sengketa Pilpres 2024

Selain Putin, pimpinan negara dunia lain yang telah mengucapkan selamat kepada Prabowo adalah Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Dominic Jermey; Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS); dan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese.

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese melalui sambungan telepon kepada Prabowo Subianto memuji Pemilu di Indonesia yang berjalan sukses 14 Februari 2024.

"Sebagai sesama demokrasi dan teman dekat, Australia mengucapkan selamat kepada Indonesia karena telah mengadakan pemilihan presiden yang sukses pada 14 Februari," kata Anthony.

Ia berharap bisa menjalin kerja sama dengan Presiden Indonesia yang baru, setelah dilantik pada Oktober 2024 mendatang.

"Saya berharap dapat bekerja sama dengan presiden Indonesia yang baru setelah dilantik pada Oktober 2024," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas