Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri PUPR Ungkap Prabowo-Gibran Bakal Dilantik Jadi Presiden dan Wakil Presiden di IKN

Basuki Hadimuljono mengungkap Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka direncanakan bakal dilantik sebagai presiden dan wakil presiden di IKN.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Menteri PUPR Ungkap Prabowo-Gibran Bakal Dilantik Jadi Presiden dan Wakil Presiden di IKN
Tribunnews/JEPRIMA
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memberikan Pidato Mengawal Suara Rakyat di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkap Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka direncanakan bakal dilantik sebagai presiden dan wakil presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Pelantikan presiden rencana di sana (IKN)," ucap Basuki saat ditemui usai rapat bersama Komisi V DPR RI, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta (2/4/2024).

Baca juga: Kubu Ganjar-Mahfud Minta Kapolri Hadir di Sidang MK, Prabowo-Gibran Usul Kepala BIN Turut Jadi Saksi

Namun, Basuki mengakui pembangunan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hingga DPD RI masih belum terbangun. Nantinya, pembangunannya baru selesai pada 2025.

Sejauh ini, pembangunan istana presiden hingga gedung sekretariat presiden bisa selesai pada Agustus 2024. Dengan begitu, nantinya pelaksanaan upacara kemerdekaan tahun ini bisa dilakukan di IKN.

"17 agustus upacara masih di sana," pungkasnya.

Baca juga: Saksi Ganjar-Mahfud Ungkap Pensiunan TNI Distribusikan Bansos Berlogo Prabowo-Gibran di Masa Tenang

Sebelumnya, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengungkap kemajuan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sedang dikebut pemerintah. Nantinya, istana presiden bakal segera rampung pada Agustus 2024 mendatang.

BERITA TERKAIT

Adapun data tersebut merupakan data terakhir yang disampaikan Kementerian PUPR. Data yang terakhir masuk terhitung pada 29 Februari 2024 lalu.

Dari data tersebut, progress pembangunan istana presiden sudah mencapai 58,531 persen. Selain itu, gedung kantor presiden 78,648 persen dan gedung sekretariat presiden 65,195 persen.

"Gedung kantor presiden terlihat disitu, bilah-bilah Garudanya insyaallah sudah mulai terpasang dan mungkin makin lama akan terlihat secara jelas sayap dari garuda itu mewarnai gedung kantor presiden," kata Bambang dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR RI di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (18/3/2024). 

Nantinya, Bambang menyampaikan pemerintah menargetkan pembangunan istana presiden hingga gedung sekretariat presiden bisa selesai pada Agustus 2024.

"Insyaallah dalam hitungan bulan nanti sampai bulan Agustus paling nggak mendekati semuanya 90-an persen atau mendekati penyelesaiannya," katanya.

Baca juga: Tim Prabowo-Gibran Gembira 4 Menteri Jadi Saksi Sidang Sengketa Pilpres agar Persoalan Bansos Clear

Selain itu, ada empat kantor Kemenko yang sedang dikebut pengerjaannya. Gedung Kemenko I tahap penyelesaiannya 50,74 persen, Kemenko II 23,013 persen, Kemenko III 54,876 persen dan Kemenko IV 56,441 persen. 

Nantinya, keempat gedung tersebut ditargetkan selesai Juni hingga Oktober 2024.

Kemudian, ada rumah tapak menteri yang sudah memasuki tahap penyelesaian 82,981 persen. Target diselesaikan pada Juni 2024.

Selain itu, rusun Polri dan BIN sudah mencapai tahap penyelesaian sebesar 33,086 persen. Target diselesaikan pada November 2024.

Kemudian, rusun ASN I 34,602 persen, Rusun ASN II 27,393 persen, Rusun ASN III 29,458 persen dan rusun ASN IV 34,24 persen. Semuanya ditargetkan bakal selesai pada Juni 2024.

Bambang menerangkan bahwa pembangunan IKN memang mendapatkan tantangan luar biasa. Khususnya, kata dia, faktor cuaca yang bisa memperlambat tahap pembangunan.

"Memang tantangannya luar biasa di lapangan. Karena misalnya begitu hujan itu kalau hujan kita harus nunggu untuk ngecor. Jadi faktor cuaca dan faktor logistik dan segala macam yang berhubungan dengan konstruksi akan ada di lapangan," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas