Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Eko Patrio Disiapkan PAN Jadi Menteri Prabowo-Gibran, Bagaimana Gerindra, Golkar, dan Demokrat?

Nama Eko sudah dimasukkan dalam daftar kader PAN yang masuk dalam kabinet di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Eko Patrio Disiapkan PAN Jadi Menteri Prabowo-Gibran, Bagaimana Gerindra, Golkar, dan Demokrat?
HO
Kolase foto: Prabowo Subianto, Eko Patrio, Gibran Rakabuming Raka. Nama Eko sudah dimasukkan dalam daftar kader PAN yang masuk dalam kabinet di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai pendukung calon presiden terpilih Prabowo Subianto dan calon wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, sudah memiliki nama-nama kadernya yang akan dijadikan menteri.

Satu di antaranya kader Partai Amanat Nasional (PAN) yakni Eko Hendro Purnowo atau biasa dikenal Eko Patrio.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyampaikan, nama Eko sudah dimasukkan dalam daftar kader PAN yang masuk dalam kabinet di pemerintahan ke depan.

Hal ini disampikan Zulkifli saat dirinya menjelaskan nama kader yang bakal maju menjadi calon pemilihan Gubernur Jakarta.

Baca juga: Profil Eko Patrio Calon Menteri Prabowo-Gibran, Perjalanan Hidup Pelawak jadi Anggota DPR 4 Periode

Nama kandidat calon kepala daerah dari PAN di Pilkada Jakarta sebelumnya ramai dibicarakan yakni Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani, Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau Pasha Ungu, dan Eko Patrio.

"Kalau Jakarta ada Zita, ada Pasha, ada Eko, tapi kan Eko calon menteri ya," ujar Zulhas di kawasan SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu (5/5/2024).

Saat ditanya kembali soal kementerian yang akan dipimpin Eko, Zulkifli belum mau membeberkan.

BERITA REKOMENDASI

Menurutnya apakah Eko akan dipilih masuk dalam kabinet ke depan, merupakan kewenangan dari Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

"Oh ya nanti lah kita lihat, politik kan dinamis," ujar Zulkifli.

Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan, PAN baru menyiapkan nama kader karena belum mengetahui posisi menteri apa yang akan diberikan Prabowo kepada PAN.

"Politik itu dinamis. Penyusunan kabinet masih dalam proses. Partai-partai pendukung belum mengetahui posisi yang ditawarkan. Masih menunggu komposisi yang mungkin sedang difinalisasi," ujar Saleh.

"Dalam konteks itu, PAN belum tahu secara khusus apa posisi yang akan diamanahkan. Karena itu, PAN hanya menyiapkan nama kader-kader yang dinilai sanggup untuk masuk kabinet. Salah satunya, Eko Patrio," sambungnya.

Menurut Saleh, Eko Patrio merupakan seorang politikus senior dan sudah tiga periode berada di DPR. Kini, di periode keempat, kata Saleh, Eko Patrio terpilih lagi.

Maka dari itu, dari sisi pengalaman, Saleh berpandangan Eko Patrio pantas dan mumpuni jadi menteri.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas