Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anies Bisa Kembali Menangi Pilkada Jakarta, Tapi Tergantung Siapa Parpol Pengusungnya

Kata Ubedillah, pembacaan itu menjadi penting dilakukan agar Anies tidak turun kelas dari figurnya yang saat ini dinilai sebagai tokoh nasional.

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Anies Bisa Kembali Menangi Pilkada Jakarta, Tapi Tergantung Siapa Parpol Pengusungnya
Tribun Batam/Argianto DA Nugroho
Calon presiden nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan menyapa pendukungnya di Majis Agung Sultan Mahmud Riayat Syah, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (19/1/2024). Capres pengusung perubahan ini memberikan beberapa janji saat menggelar kampanye terbatas di Kota Batam diantaranya membatasi jumlah tenaga kerja asing, memberikan keadilan bagi warga Rempang, harga pangan murah dan menyediakan lapangan kerja. 

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pakar sosial politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun mengatakan, Anies Baswedan berkemungkinan besar akan memenangkan Pilkada Jakarta 2024.

Namun demikian, Ubedillah menuturkan, hal itu tergantung jajaran partai politik (parpol) pengusung Anies Baswedan nantinya.

"Secara empirik jika Anies Baswedan maju di Pilkada DKI Jakarta 2024 ini kemungkinan besar akan memenangkan pilkada. Tetapi, itu sangat ditentukan siapa saja partai politik yang mengusungnya," kata Ubedillah, saat dihubungi Tribunnews.com, pada Sabtu (25/5/2024).

Di sisi lain, menurutnya, Anies juga perlu mempertimbangkan urgensinya ikut pilkada DKI lagi.

"Selain itu perlu pemetaan siapa saja yang mungkin akan menjadi pesaingnya? Termasuk partai pendukung pesaing Anies partai apa saja?" ucapnya.

Baca juga: Bobby Nasution Lebih Pilih Gerindra, Golkar Tebar Psywar Usung Cagub Sumut Tanpa Koalisi

Kata Ubedillah, pembacaan itu menjadi penting dilakukan agar Anies tidak turun kelas dari figurnya yang saat ini dinilai sebagai tokoh nasional. 

BERITA REKOMENDASI

Jika Anies kalah, Ubedillah menilai, posisi ketokohan mantan calon presiden (capres) di Pilpres 2024 itu akan jatuh begitu saja.

"Bayangkan jika Anies Baswedan gagal atau tidak terpilih pilkada DKI 2024? Posisi ketokohanya langsung jatuh dari lapisan tokoh nasional. Oleh karena itu banyak hal yang harus diperhitungkan Anies untuk maju lagi di pilkada DKI," jelasnya.

Oleh sebab itu, Ubedillah menekankan, jika Anies Baswedan akan maju pilkada, maka mantan Gubernur DKI Jakarta itu harus memastikan bahwa ia yakin akan menang.

Anies Masih Pikir-pikir Nyagub Lagi

Anies Baswedan mulai membuka peluang maju di Pilkada Jakarta 2024 dengan mempertimbangkan segala yang ada.

Hal itu dikatakan Anies setelah mendapat dukungan dari warga agar maju di Pilkada Jakarta 2024 saat menghadiri acara silaturahmi dan halal bihalal dengan PKL dan Warga Kampung Jaringan Rakyat Miskin Kota di Kampung Marlina, Minggu (19/5/2024).

Baca juga: Rawan Diserang Kampanye Hitam, Anies Diminta Hati-Hati Jika Maju Kembali ke Pilkada Jakarta

Anies menyatakan dirinya sedang mempertimbangkan secara serius tawaran yang datang kepadanya menuju kursi orang nomor satu di Jakarta.

Awalnya, perwakilan dari Jaringan Rakyat Miskin Kota, Sugiarti, menyatakan dukungannya agar Anies maju lagi di Pilkada Jakarta.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas