Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dua Nama Ini Diprediksi Bersaing Ketat pada Pilkada Kabupaten Musi Banyuasin 2024

Sebagai informasi, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan akan menggelar pemilihan bupati-wakil bupati (Pilbup) Kabupaten Musi Banyuasin tahun ini

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Dua Nama Ini Diprediksi Bersaing Ketat pada Pilkada Kabupaten Musi Banyuasin 2024
cimahikota.bawaslu.go.id
ILUSTRASI Pilkada Serentak 2024. Dua nama diprediksi berpotensi maju dan bersaing dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Musi Banyuasin. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dua nama diprediksi berpotensi maju dan bersaing dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Musi Banyuasin.

Sebagai informasi, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan akan menggelar pemilihan bupati-wakil bupati (Pilbup) Kabupaten Musi Banyuasin pada 27 November mendatang.

Kedua nama itu adalah Apriyadi, seorang birokrat Indonesia yang menjabat sebagai Penjabat Bupati Kabupaten Musi 2022-2024 dan Lucianty.

Lucianty merupakan istri mantan Bupati Musi Banyuasin periode 2008—2012 dan 2012—2015, Pahri Azhari.

Apriyadi Mahmud, bersama Bakal Calon Wakil Bupati Muba, Toha Tohet, sepakat maju bersama di Pilkada Muba 27 November 2024 mendatang.

Kesepakatan Apriyadi maju bersama Toha disampaikannya di acara prosesi ngunduh mantu Ketua Pujakesuma Muba, Gianto Wicaksono, di Desa Sri Gunung, Kecamatan Sungai Lilin, pada Kamis 20 Juni 2024 lalu.

Sedangkan, Lucianty sejauh ini telah mendapat rekomendasi dari sejumlah parpol.

BERITA TERKAIT

Awal Juni lalu, ia resmi mendapat rekomendasi untuk maju dalam Pilkada Kabupaten Muba 2024, dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Dengan adanya rekomendasi dari Partai Hanura itu, Ketua Pimpinan Daerah (Pimda) Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) itu hampir dipastikan sudah mendapatkan dukungan 13 kursi di DPRD Muba dari 4 partai yang ada.

Keempat Partai itu PKN (4 kursi), Partai Kebangkitan Bangsa (6), Partai Amanat Nasional (2) dan Partai Hanura (1).

Lembaga Study Pemilu dan Politik (LSPP) merilis hasil survei untuk mengetahui potensi kedua calon yang digadang maju di Pilbup Muba 2024.

Direktur Riset LSPP Sendi Vicky Sutikno mengatakan hasil survei elektabilitas Lucianty dan Apriyadi terpaut tidak terlalu jauh.

Dalam survei LSPP untuk simulasi Calon Bupati (cabup) Musi Banyuasin, Lucianty unggul di angka 50,71 persen dan Apriyadi 43,19 persen.

"Kalau rajin turun ke masyarakat membawa gagasan dari masing-masing calon, tentu nanti akan ada perubahan elektabilitas yang signifikan antara Lucianty dan Apriyadi,” kata dia dalam keterangannya pada Selasa (25/6/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas