Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Simulasi Pilkada Muba, Lucianty Bakal Menang Jika Pasangan dengan Figur Ini

Bakal Calon Bupati Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan,  Lucianty tampil sebagai 'Rising Star'

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Simulasi Pilkada Muba, Lucianty Bakal Menang Jika Pasangan dengan Figur Ini
ist
Ketua DPD Partai Kebangkitan Nusantara Sumatera Selatan Lucianty dinilai punya peluang besar menang kalau maju sebagai calon bupati Kabupaten Musi Banyuasin pada Pilkada 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, MUBA -  Bakal Calon Bupati Musi Banyuasin (Muba), Sumatera SelatanLucianty tampil sebagai 'Rising Star' yang berpotensi memenangkan Pilkada Muba 2024 mendatang.

Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh lembaga survei StratakIndo, nama Luciyanti berhasil menempati posisi teratas dalam simulasi pasangan.

Direktur StratakIndo Octarina Soebardjo mengatakan pihaknya melakukan survei dengan simulasi beberapa nama yang dipasangkan dengan Lucianty.

Baca juga: Pilkada Muba, Pengamat Politik Sebut Lucianty Berpeluang Besar Menang

Hasilnya dengan siapapun Lucianty berpasangan, selalu unggul dibanding rivalnya Apriyadi.

“Dalam simulasi pertama, saat masyarakat ditanya secara sepontan dari pasangan Lucianty-Sugondo hasilnya 49,1 persen sedangkan Apriyadi-Toha 42,5%,” kata Octarina, Kamis (4/7/2024).

Octarina menyampaikan elektabilitas Lucianty dipengaruhi oleh dukungan banyak partai sedangkan Apriyadi hanya didukung oleh satu partai yakni PKS.

“Bongkar pasang wakil Lucianty yang diambil dari kader partai pengusung selalu mendapatkan elektabilitas lebih tinggi dari Apriyadi,” ungkapnya.

BERITA TERKAIT

Ketika Lucianty dipasangkan dengan kader Gerindra Edi Harianto mendapatkan hasil 49,5%, dipasangkan dengan kader PAN Abusari Burhan 50,5% dan menang telak ketika dipasangkan dengan kader Nasdem Toha 51,2%.

“Itu menjadi modal besar bagi Lucianty untuk memenangkan Pilkada Muba,” tuturnya.

Dalam keterangannya, Octarina menuturkan faktor lain yang mempengaruhi elektabilitas Lucianty selalu bertengger di pucuk ketika dipasangkan dengan siapapun karena masyarakat mengenalnya sebagai sosok perempuan yang berani, peduli dan berpengalaman.

Selain itu, Octarina menyebut mayoritas pemilih perempuan tidak suka terhadap figur Apriyadi karena isu tidak sedap yang menjeratnya yaitu skandal video perselingkuhan dengan perempuan di hotel.

“Apriyadi kurang disukai bahkan tidak sedikit pemilih perempuan yang menghujat karena buntut dari video skandal perselingkuhannya dengan perempuan yang sempat viral di Medsos,” tuturnya.

Diketahui, Lucianty yang juga istri mantan Bupati Musi Banyuasin Pahri Azhari ini telah mendapat dukungan dari PKN, PPP, PKB, NASDEM, PAN dan PDIP untuk maju di Pilkada.

"Jika Lucianty berpasangan dengan kader Golkar atau Gerindra maka potensi kemenangan semakin besar alias menang telak," pungkasnya.

Survei StratakIndo dilakukan pada 20-28 Juni 2024 dengan metode stratified multistage random sampling.

Survei ini dilakukan 14 kecamatan di Musi Banyuasin.

Total ada 1.200 responden, dengan tingkat margin of error di angka 3,5 persen dan tingkat kepercayaan di angka 95 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas