Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AHY Ungkap Alasan Rekomendasikan Dominggus Mandacan-Lakotani Kembali Maju Pilkada Papua Barat 2024

AHY membeberkan alasan mendukung keduanya untuk maju kembali sebagai calon kepala daerah di Provinsi Papua Barat.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Dewi Agustina
zoom-in AHY Ungkap Alasan Rekomendasikan Dominggus Mandacan-Lakotani Kembali Maju Pilkada Papua Barat 2024
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat memberikan surat rekomendasi kepada bakal calon kepala daerah untuk Pilkada Bangka Belitung, Papua Barat dan Jambi di Kantor DPP Partai Demokrat, Kamis (4/7/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara resmi menyerahkan tiga surat rekomendasi kepada tiga sosok gubenur petahana untuk kembali maju di Pilkada 2024, Kamis (4/7/2024).

Sosok pertama yang diberikan rekomendasi oleh AHY yakni Dominggus Mandacan untuk maju di Pilkada Papua Barat.

Terhadap Pilkada Papua Barat ini, AHY sekaligus memberikan rekomendasi kepada Mohamad Lakotani Sirua yang juga merupakan Wakil Gubernur petahana.

Keduanya menjabat sebagai kepala daerah Papua Barat pada periode 2017-2022 lalu.

Baca juga: Pilkada Jember, Survei WRC Beberkan Elektabilitas Mantan Bupati Ungguli Petahana

"Saya ucapkan selamat kepada bapak Dominggus Mandacan sebagai calon gubernur dan bapak Mohamad Lakotani Sirua sebagai calon wakil gubernur Provinsi Papua Barat," kata AHY saat menyerahkan surat rekomendasi di Kantor DPP Demokrat, Jakarta.

AHY lantas membeberkan alasan mendukung keduanya untuk maju kembali sebagai calon kepala daerah di Provinsi Papua Barat.

BERITA TERKAIT

Kata dia, salah satu faktornya yakni karena Demokrat melihat adanya pembangunan yang baik dilakukan oleh Dominggus-Lakotani di daerah Papua Barat.

"Alhamdulillah dibawah kepemimpinan mereka berdua, Papua Barat juga terus melakukan pembangunan. baik pembangunan infrastruktur, maupun pembangunan sumber daya manusia," kata AHY.

Selanjutnya, AHY turut memberikan rekomendasi kepada Al-Haris untuk kembali maju di Pilkada Jambi 2024 sebagai bakal calon gubernur.

Politikus PAN itu diusung oleh Demokrat nantinya akan berpasangan dengan politikus PKB yang juga merupakan wakil gubernur petahana yakni Abdullah Sani.

Baca juga: AHY Setuju Integrasi Data Kementerian ke PDN Asal Keamanan Digitalnya Terjamin

"Izinkan saya malam hari ini menyerahkan surat rekomendasi dalam pilkada Provinsi Jambi kepada bapak Al-Haris sebagai calon gubernur dan bapak Abdullah Sani sebagai calon wakil gubernur provinsi Jambi tahun 2024-2029," kata AHY.

Kepada keduanya, AHY menyebut kalau Demokrat bersedia untuk memberikan dukungan dan suport tidak hanya pada masa kampanye tetapi juga jika terpilih nantinya.

"Beliau tahu persis apa yang jadi isu utama, apa yang diharapkan masyarakat karena berangkat dari bawah, dari lurah, kemudian jadi bupati di Merangin selama 2 periode dan sukses dan selama 5 tahun terpilih jadi gubernur," sambung AHY.

Terakhir, Menteri ATR/BPN itu memberikan rekomendasi kepada Gubernur petahana sekaligus Politikus Gerindra, Erzaldi Rosman Djohan untuk kembali maju di Pilkada Banga Belitung.

Terkait dengan provinsi ini, AHY juga turut memberikan rekomendasi untuk putra kandung Eks Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra yakni Yuri Kemal Fadlullah sebagai cawagubnya.

"Surat rekomendasi untuk pemilihan Gubernur di Provinsi Bangka Belitung kepada bapak Erzaldi Rosman Djohan sebagai calon gubernur dan bapak Yuri Kemal Fadlullah sebagai calon wakil gubernur," kata AHY.

AHY berharap, dengan diusungnya dua sosok tersebut bisa melanjutkan apa yang sudah dicapai oleh pemerintahan Erzaldi selama lima tahun ini.

"Tentu keluarga besar partai Demokrat akan memberikan dukungan penuh, bukan hanya selama masa kampanye tapi juga insyaallah terpilih kembali dalam pemerintahan ke depan," tandas AHY.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas