Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Golkar Berpeluang Besar Usung Birma Sinaga di Pilkada Kabupaten Humbahas, Ini Pertimbangannya

Partai Golkar berpeluang besar mengusung Birma Sinaga pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas)

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Golkar Berpeluang Besar Usung Birma Sinaga di Pilkada Kabupaten Humbahas, Ini Pertimbangannya
istimewa
Birma Sinaga bakal calon Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Golkar berpeluang besar mengusung Birma Sinaga pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara

Hal itu disampaikan Ketua DPP Partai Golkar Lamhot Sinaga, kepada wartawan Kamis (11/7/2024).

"Birma Sinaga kemungkinan besar diusung Partai Golkar sebagai partai pemenang di Humbahas ditambah lagi dengan dukungan dari Koalisi Indonesia Maju," kata Lamhot.

Adapun Birma merupakan adik dari Lamhot Sinaga yang juga anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar.

Lamhot Sinaga yang pada Pemilu legislatif 2024 ini kembali terpilih sebagai anggota DPR RI  dari daerah pemilihan Sumut II dengan perolehan suara tertingi.

"Jika kemudian suara ini linear apalagi bertambah untuk memilih birma sinaga maka dipastikan Birma Sinaga sangat berpeluang menang konstestasi pilkada Humbahas," ucapnya.

BERITA TERKAIT

Adapun dilansir dari Kompas.com, Birma Sinaga menjadi tokoh mengejutkan dalam hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) 2024. 

Hasil survei itu menunjukkan Birma telah masuk tiga besar jika pemilihan langsung dilakukan saat survei, yakni 19–28 Mei 2024.

Jika dilihat berdasarkan indikator top of mind atau jawaban spontan, Birma Sinaga berada diurutan ketiga dengan perolehan 5,5 persen atau jauh mengungguli Harry Marbun sebesar 1,7 persen, Hendri Tumbur Simamora sebesar 1,7 persen dan Pantur Banjarnahor 0,5 persen.

Bahkan, dalam simulasi semi terbuka, Birma Sinaga berada diurutan kedua dengan perolehan 13,3 persen atau mengungguli Irwan Simamora sebesar 9,2 persen.

Hal tersebut dinilai mengagumkan mengingat nama Birma Sinaga baru muncul setelah Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) Februari 2024.

Masih dalam survei yang sama, popularitas Birma terus bergerak dinamis setiap hari atau di bawah bayang-bayang lima tokoh lain.

Popularitas Birma di kisaran 9-43 persen dengan suara paling tinggi di daerah pemilihan (dapil) V.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas