Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Maju Pilkada Jakarta, Jusuf Hamka Klaim Tidak Mengejar Jabatan  

Babah Alun pun mengaku siap jika memang nantinya diberikan mandat untuk maju di Pilkada Jakarta.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Maju Pilkada Jakarta, Jusuf Hamka Klaim Tidak Mengejar Jabatan   
Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Jusuf Hamka mengaku kaget seusai blusukan ke Pasar Tanah Abang, Kamis (1/8/2024) ternyata fansnya banyak. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bakal calon gubernur Jakarta, Jusuf Hamka mengaku dirinya masih belum mengetahui apakah akan maju di Pilkada Jakarta 2024. Dia pun mengaku pasrah dengan apapun keputusan dari partai politik (parpol).

Hal tersebut disampaikan Jusuf Hamka seusai blusukan ke Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (1/8/2024). Saat itu, awak media bertanya apakah blusukan itu sebagai manuver dirinya bersiap maju di Pilkada Jakarta.

Baca juga: Jusuf Hamka Kaget Punya Banyak Fans di Pasar Tanah Abang

"Buat saya jabatan saya enggak pernah cari kalau datang kalau warga menghendaki dan Allah ridho ya kun fayakun saya jalankan kalau tidak ya (tidak apa-apa)," kaga Jusuf Hamka.

Pria yang akrab disapa Babah Alun itu memahami dirinya sudah mendapatkan surat instruksi dari partai Golkar untuk maju sebagai cagub dan cawagub di Pilkada Jakarta 2024. Namun, ia kembali menegaskan dirinya tidak pernah mengejar jabatan.

Baca juga: Anies Bicara Peluang Jusuf Hamka Jadi Cawagubnya di Pilkada Jakarta: Pada Waktunya Kita Lihat

"Jadi instruksinya sebagai cagub atau cawagub dan saya prinsipnya ngalir saja karena buat saya ya seperti saya bilang saya tidak pernah menguber jabatan dan buat saya kalau bisa kalau memungkinkan saya punya kehidupan tidak dibiayai oleh negara," ungkapnya.

Lebih lanjut, Babah Alun pun mengaku siap jika memang nantinya diberikan mandat untuk maju di Pilkada Jakarta. Baginya, tugas itu nantinya seperti mimpin yang tidak pernah terbayangkan.

BERITA TERKAIT

"Kalau harus jadi pejabat publik negara mau membiayai saya, ya buat saya sesuatu yang luar biasa, mimpi pun tidak pernah," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar rupanya semakin serius mendorong kadernya Jusuf Hamka alias Babah Alun, untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Kali ini, Bos Jalan Tol itu pun diberikan surat instruksi oleh Golkar.

Surat intruksi itu diberikan langsung Sekjen DPP Partai Golkar, Lodewijk F Paulus kepada Jusuf Hamka di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (18/7/2024).

Dalam surat itu, Jusuf Hamka ditugaskan untuk maju sebagai bakal calon gubernur atau bakal calon wakil gubernur Jakarta 2024. Surat tersebut ditanda tangani langsung Ketum Golkar, Airlangga Hartarto.

"Pilkada Jakarta, kita telah memberikan surat instruksi kepada Babah Alun atau pak Jusuf Hamka, orang katakan, bapak jalan tol ya. Nah, tugas yang diberikan kepada beliau adalah sebagai bakal calon gubernur, dan bakal calon wakil gubernur," kata Lodewijk.

Baca juga: Pengamat: Duet Kaesang-Jusuf Hamka Berpeluang Terwujud di Pilkada Jakarta Bila Jokowi Berkehendak

Lodewijk menjelaskan Babah Alun juga ditugaskan untuk mendekati sejumlah partai-partai politik untuk bisa mendapatkan dukungan. Sebab, setiap cagub dan cawagub harus mendapatkan suara akumulasi parpol minimal 20 persen.

Tak hanya itu, kata dia, Babah Alun juga ditugaskan untuk segera mencari sosok cawagub yang akan menjadi pendampingnya di Pilkada Jakarta.

Lodewijk mengatakan bahwa Golkar juga nantinya juga akan mencermati dinamika elektoral Babah Alun merujuk hasil survei yang dilakukan oleh sejumlah lembaga riset.

"Kita akan lihat perkembangan survei nanti seperti apa. Masih ada waktu 1 bulan ini 10 hari ke depan, kita akan lihat survei babah Alun seperti apa. Mudah-mudahan kita punya variabel pilihan bagus baik beliau untuk Gubernur atau wagub Jakarta," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas