Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua Umum Parpol KIM Segera Berkumpul, Umumkan Keputusan Politik di Pilkada Jakarta 2024

Pimpinan KIM segera berkumpul untuk mengumumkan mengenai Pilkada Jakarta 2024. Nantinya, mereka akan berkumpul dalam waktu dekat ini.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Ketua Umum Parpol KIM Segera Berkumpul, Umumkan Keputusan Politik di Pilkada Jakarta 2024
Tribunnews.com/ Igman Ibrahim
Ketua Umum partai politik Koalisi Indonesia Maju. Mereka segera berkumpul untuk mengumumkan mengenai Pilkada Jakarta 2024. Nantinya, mereka akan berkumpul dalam waktu dekat ini. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua umum partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam waktu dekat akan berkumpul untuk mengumumkan mengenai Pilkada Jakarta 2024. 

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan ketum parpol KIM masih sulit untuk berkumpul lantaran banyak yang berstatus sebagai menteri dalam kabinet Indonesia maju.

"Mudah-mudahan bisa secepatnya ya karena kan waktunya juga sudah semakin mepet. Dan para ketua umum ini ya memang karena banyak di antara ketua umum kita ini adalah pejabat negara yang adalah menteri kabinet tentu mengumpulan mereka butuh waktu ya butuh effort," kata Eddy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Namun begitu, kata Eddy, nantinya para ketum parpol KIM akan segera berkumpul untuk memutuskan mengenai Pilkada Jakarta. Nantinya, keputusan akan segera diambil dalam waktu dekat.

"Saya rasa demi keputusan yang segera kita ambil di dalam Pilkada ini dalam waktu segera beliau-beliau ini akan segera berkumpul urung-rembuk untuk menghasilkan sebuah keputusan yang insya Allah bulat nanti ke depannya," ungkapnya.

Di sisi lain, Eddy menjawab kabar KIM plus akan melakukan deklarasi bersama mengenai Pilkada Jakarta pada Kamis (8/8/2024) besok. Terkait hal ini, ia menyatakan deklarasi segera dilakukan seusai semuanya sudah siap.

BERITA TERKAIT

"Tidak ada target karena tanggalnya bagus ya, tetapi begitu sudah siap, pembahasan sudah matang, sudah bisa difinalisasi di antara para ketua umum, dan juga disepakati di internal partai masing-masing, tentu itu tidak akan ditunda-tunda lagi pengumumannya," jelasnya.

"Karena kan waktu pendaftaran juga sudah semakin dekat, dan mengingat saat ini kita melihat bahwa jarak antara waktu pendaftaran dengan masa kampanye yang pendek sekali, ya akan sangat bermanfaat setiap harinya bagi kita untuk mensosialisasikan pasangan calon itu. Jadi bagi kita ya lebih cepat lebih baik untuk bisa kita sampaikan ke publik," tutupnya.

Adapun KIM plus nantinya berisikan koalisi besar dari seluruh partai politik. Dengan begitu, KIM plus berpeluang besar akan melawan kotak kosong dalam kontestasi di Pilkada Jakarta.

Nantinya, KIM plus akan mengusung Ridwan Kamil menjadi cagub Jakarta 2024. Sementara itu, calon wakil gubernurnya masih belum terungkap siapa sosoknya.

Dengan deklarasi bersama ini, Gubernur petahana, Anies Baswedan hampir dipastikan akan gagal maju di Pilkada Jakarta 2024. Sebab, PKS, NasDem dan PKB yang sempat akan mendukung Anies akan membelot ke KIM plus.

NasDem Beri Sinyal Gabung Kim Plus

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem, Effendi Choirie menyebut kemungkinan NasDem bergabung Indonesia Maju (KIM) Plus di Pilgub Jakarta telah tercium 'baunya'.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas