Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PKS Buka Opsi Dukung Ridwan Kamil di Jakarta, Demokrat: Kami Siap Menyambut

KIM plus akan mengusung Ridwan Kamil menjadi cagub Jakarta 2024, untuk calon wakil gubernurnya masih belum terungkap siapa sosoknya

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in PKS Buka Opsi Dukung Ridwan Kamil di Jakarta, Demokrat: Kami Siap Menyambut
Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil usai rapat pleno DPP Partai Golkar di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Rabu (10/7/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra merespon soal PKS yang kini buka peluang dukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024.

Herzaky mengatakan bahwa pihaknya dengan senang menyambut wacana tersebut.

"Itu hak masing-masing partai, tapi kalau misalnya PKS gabung sama-sama, kami senang sekali, kami siap menyambut teman-teman, mau PKS, NasDem, kami sangat terbuka semua," kata Herzaky kepada Tribunnews.com di Jakarta, Kamis (8/8/2024) sore.

Kemudian diterangkan Herzaky bahwa komunikasi pihaknya dengan parpol lainnya berjalan baik.

"Karena kita komunikasinya baik dengan semua (Parpol)," jelasnya.

Diketahui saat ini tengah ramai wacana KIM plus nantinya berisikan koalisi besar dari seluruh partai politik.

BERITA TERKAIT

Dengan begitu, KIM plus berpeluang besar akan melawan kotak kosong dalam kontestasi di Pilkada Jakarta.

Baca juga: Wakil Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta Bukan dari Golkar, Diserahkan ke KIM

Nantinya, KIM plus akan mengusung Ridwan Kamil menjadi cagub Jakarta 2024. Sementara itu, calon wakil gubernurnya masih belum terungkap siapa sosoknya.

Jika wacana itu terwujud Gubernur petahana, Anies Baswedan berpotensi gagal maju di Pilkada Jakarta 2024. Sebab, PKS, NasDem dan PKB yang sempat mendukung Anies bisa membelot ke KIM plus.

Sementara itu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mengakui partainya membuka peluang meninggalkan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. Partai besutan Ahmad Syaikhu itu mengklaim batalnya dukungan itu karena Anies.

Kabar tersebut disampaikan oleh Juru Bicara PKS, Muhammad Kholid. Menurutnya, Anies dianggap telah gagal untuk mencari mitra koalisi yang bisa mengusung duet Anies Baswedan dan Sohibul Iman (AMAN) di Pilkada Jakarta.

Sebagai partai pemenang di Jakarta, PKS sudah memutuskan bahwa kadernya harus tetap ikut dalam kontestasi Pilkada Jakarta. Kadernya itu harus dimajukkan sebagai cagub ataupun cawagub.

"Mas Anies sudah diberikan karpet merah dengan memperoleh 18 kursi PKS. Bahkan Presiden PKS Ahmad Syaikhu sampai turun gunung mencari mitra koalisi buat Mas Anies agar bisa memenuhi kekurangan kursi tersebut," kata Kholid saat dikonfirmasi, Rabu (7/8/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas