Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

NasDem Resmi Usung Ahmad Luthfi - Kaesang Pangarep di Pilkada Jateng 2024

Partai NasDem secara resmi mengusung Komjen Pol Ahmad Luthfi dan Kaesang Pangarep sebagai pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur Jawa Tengah

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Dodi Esvandi
zoom-in NasDem Resmi Usung Ahmad Luthfi - Kaesang Pangarep di Pilkada Jateng 2024
HANDOUT
Partai NasDem secara resmi mengusung mantan Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Komjen Pol Ahmad Luthfi dan Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep sebagai pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur di Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai NasDem secara resmi mengusung mantan Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Komjen Pol Ahmad Luthfi dan Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep sebagai pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur di Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024.

Surat dukungan tetap B1KWK dari DPP Partai NasDem tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Pertimbangan DPW NasDem Jateng yang juga mantan Jaksa Agung, HM Prasetyo di NasDem Tower, Jakarta.

"Atas nama Ketua Umum Partai NasDem, Bapak Surya Paloh, hari ini Senin 19 Agustus 2024 secara resmi kami dari Partai NasDem menyerahkan surat keputusan sebagai pengusung dan pendukung Bapak Luthfi sebagai calon Gubernur Jateng dan Bapak Kaesang Pangarep sebagai Calon Wakil Gubernur Jateng," kata HM Prasetyo, Senin (19/8/2024).

Prasetyo menyatakan dukungan tersebut diharapkan menjadi upaya pihaknya dalam memberikan manfaat bagi warga Jawa Tengah.

"Sebuah bentuk sinergitas diantara semua partai pendukung untuk memenangkan beliau berdua dalam kontestasi untuk Gubernur Jateng semoga memberi manfaat besar bagi masyarakat Jateng," tukas dia.

Baca juga: Kaesang soal Cawagub Ridwan Kamil dan Ahmad Luthfi, Insya Allah Besok atau Lusa

Dalam penyerahan surat rekomendasi ini HM Prasetyo didampingi oleh jajaran pengurus DPP NasDem antara lain Lestari Moerdijat, Sugeng Suparwoto, dan Amelia Anggraini.

BERITA TERKAIT

Selain dari NasDem, Ahmad Luthfi sebelumnya juga sudah menerima dukungan dari beberapa partai, termasuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Golkar.

"Kami sudah putuskan bahkan sudah kasih surat dukungan kepada pak Ahmad Luthfi. Tinggal kan satu soal proses alih posisi pak Luthfi dari kepolisian ke birokrasi, saya enggak tahu sudah selesai atau belum gitu ya. Dia masuk ke kementerian mana gitu," kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Dijelaskan Doli, saat ini Golkar masih sedang akan membicarakan mengenai sosok yang akan menjadi cawagub pendamping Ahmad Luthfi. Nantinya, nama ini akan dibicarakan dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Nanti tinggal dibicarakan siapa yang jadi wakilnya. Nanti kan ada pembicaraan lagi sama KIM dan mungkin ada parpol lain juga," ungkap Doli.

Baca juga: Ahmad Luthfi soal Cawagub Jateng: Saya Sama Siapapun Cocok

Sementara surat dukungan dari PSI diberikan langsung oleh Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep kepada Ahmad Luthfi, setelah sebelumnya PSI memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk Pilkada Jakarta.

Luthfi datang langsung menerima surat rekomendasi yang diberikan Kaesang di Kota Casablanca, Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Namun PSI belum mengumumkan siapa calon wakil gubernur yang diusung untuk mendampingi Luthfi di Jateng.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas