Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ingin Sulap Kampung Kumuh di Jakarta jadi Kawasan Sudirman, RK Siapkan Program 1 Kecamatan 1 Arsitek

Berbekal ilmu arsitektur yang dimiliknya, program ini disebut Ridwan Kamil akan mengubah kampung-kampung kumuh di Jakarta menjadi lebih modern.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Ingin Sulap Kampung Kumuh di Jakarta jadi Kawasan Sudirman, RK Siapkan Program 1 Kecamatan 1 Arsitek
Kolase Tribunnews/Tribun Jabar
Mantan Gubernur Jawa Barat sekaligus bakal Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil dan ilustrasi kampung kumuh di Jakarta 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selain mencintai Persija Jakarta dan The Jak, bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil kembali menebar janji lewat program kerja.

Kali ini, mantan Gubernur Jawa Barat itu mengaku telah menyusun sejumlah program yang akan ditawarkan ke warga Jakarta pada masa kampanye Pilkada Jakarta 2024 nanti.

Salah satu programnya adalah menyiapkan satu orang arsitek untuk setiap satu kecamatan di kota Jakarta.

"Saya ada gagasan lah, satu dari sekian. Saya punya gagasan satu kecamatan satu arsitek," kata Ridwan Kamil saat menghadiri acara diskusi di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2024).

Berbekal ilmu arsitektur yang dimiliknya, program ini disebut Ridwan Kamil akan mengubah kampung-kampung kumuh di Jakarta menjadi lebih modern.

Di samping itu, dia ingin memperbanyak ruang-ruang interaksi publik yang tidak harus selalu mewah sehingga bisa dilakukan di kampung-kampung Jakarta.

BERITA TERKAIT

"Nah, nanti saya dengan pengalaman dan ilmu, kan saya arsitek, ingin memperbanyak ruang-ruang interaksi publik yang tidak harus selalu mewah, bisa di kampung," ucapy

Nantinya, lanjut Ridwan Kamil, para arsitek yang berada di setiap kecamatan akan bekerja untuk mengatasi mulai dari tata ruang, sungai kotor, sampai fasilitas umum yang diperuntukan tidak sesuai fungsinya semisal trotoar dipakai berjualan.

"Sehingga yang keren tidak hanya Sudirman-Thamrin, tapi seluruh penjuru Jakarta akan saya tugaskan arsitek-arsitek di tiap kecamatan kali lima tahun, membereskan perintilan-perintilan yang kumuh, trotoar yang dipakai oleh tukang enggak jelas, oleh level kecamatan aja," sambungnya.

Baca juga: Dampak Putusan MK, PKS dan PKB Diperkirakan Berbalik Dukung Anies di Pilkada Jakarta 2024

Lebih lanjut, Ridwan Kamil mengatakan para arsitek ini akan diambil dari lembaga atau komunitas profesional yang tidak hanya menangani proyek-proyek besar.

“Nanti ada lembaga profesional. Dalam dunia kami itu ada arsitek komunitas, jadi dia gak hanya meroyek yang sifatnya gede-gede. Tapi yang membereskan kampung kumuh-kumuh dan membersihkan sungai kotor dengan ide2 nya. Nanti anggaranya dari kami,” ujarnya.

Maka dari itu, RK mengklaim dengan visi-misi untuk menjalankan konsep desentralisasi, akan bisa menghadirkan sebuah solusi yang lebih beragam guna mengatasi permasalahan yang ada di Jakarta.

“Inovasi, nah satu kecamatan satu arsitek adalah satu gagasan yang nanti dihadirkan membereskan masalah-masalah,” jelasnya.

Baca juga: Ini Respons Ridwan Kamil Soal Putusan MK yang Mengubah Syarat Pencalonan di Pilkada

Sebagai informasi, pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono sudah secara resmi dideklarasikan, di The Sultan Hotel, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Adapun pasangan tersebut didukung oleh Koalisi gemuk yang tergabung dari 12 partai politik.

Deklarasi pengusungan terhadap Ridwan Kamil-Suswono ini ditandai dengan tanda tangan dari para sekjen 12 partai politik itu.

Kedua belas partai politik yang dimaksud yakni, Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PKS, PKB, NasDem, PPP, Perindo, Garuda, Gelora, PSI.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas