Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kelompok Suporter Minta Semua Kontestan di Pilgub Jakarta Jangan Politisasi Isu Sepak Bola

Isu yang berkembang belakangan ini malah menjadikan sepakbola menjadi komoditas politik yang berpotensi memecah belah ekosistem sepakbola

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Erik S
zoom-in Kelompok Suporter Minta Semua Kontestan di Pilgub Jakarta Jangan Politisasi Isu Sepak Bola
Istimewa
Ketua Umum NJ Mania, Parid. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kelompok suporter klub sepakbola Perserikatan Sepak Bola Jakarta Utara (Persitara) NJ Mania meminta kontestasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2024 mempolitasi isu sepakbola.

Tidak hanya bagi para pasangan calon (Paslon) dan tim pemenangan, semua pihak diharapkan bisa menjaga kondusivitas serta tidak menarik sepakbola menjadi isu politik di Pilkada Jakarta 2024.

Ketua Umum NJ Mania, Parid mengatakan, merupakan hal wajar para kontestan politik melakukan pendekatan untuk mendapat dukungan dari berbagai pihak.




Namun demikian, isu yang berkembang belakangan ini malah menjadikan sepakbola menjadi komoditas politik yang berpotensi memecah belah ekosistem sepakbola.

Baca juga: Nama Ahok Tidak Masuk Tim Pemenangan di Pilkada Jakarta, Ini Kata Pramono Anung

"Tidak salah setiap Paslon mencoba membangun relasi dan dukungan dari salah satu kelompok suporter klub besar. Yang jadi persoalan ketika ada politisasi dengan dikotomi identitas dan berpotensi memicu gesekan akar rumput," katanya.

Dijelaskan Parid, secara sosial dan psikologis, suporter umumnya memiliki karakter yang loyal dan militan.

Tidak hanya loyal dan militan dalam memberi dukungan di pinggir lapangan, para suporter sepakbola merupakan pribadi yang menjadikan klub idolanya sebagai bagian dari identitas diri.

BERITA TERKAIT

Dilanjutkan Parid, kebanyakan dari anggota suporter adalah anak muda yang secara psikologi masih dalam proses pencarian jati diri dan cenderung labil.

Karena itu, membuat dikotomi yang tajam dan memancing emosi dengan isu perbedaan identitas klub secara serampangan akan rawan memicu konflik.

Dengan segala pertimbangan tersebut, mempolitisasi isu sepakbola menurut Parid akan berdampak luas dan berkelanjutan ke depannya.

Menurutnya, tidak akan selesai saat kontestasi berkesudahan, dampak perpecahan yang timbul nantinya bakal menjadi akar persoalan dan kerawanan sosial baru.

Baca juga: KGN Gelar Konsolidasi Politik Sambut Pilkada Jakarta 2024

"Jangan dibuat seolah, misal A adalah pendukung Biru dan musuh dari pendukung oranye. Imbasnya tidak hanya saat Pilgub saja, pasti berkepanjangan," tegasnya.

Diingatkan Parid, saat ini kepemimpinan Erik Tohir di PSSI terus berupaya membangun harmonisasi ekosistem sepakbola.

Parid mengatakan, tidak hanya berusaha meraih prestasi, visi PSSI saat ini ditafsirkannya membangun sepakbola menjadi alat perekat bangsa.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas