Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat Sebut Dharma-Kun Paling Menarik di Debat Perdana Pilgub Jakarta meski Elektabilitas Rendah

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Charta Politika menilai penampilan Dharma Pongrekun-Kun Wardana paling menarik di debat perdana Pilgub Jakarta.

Penulis: Rifqah
Editor: Sri Juliati
zoom-in Pengamat Sebut Dharma-Kun Paling Menarik di Debat Perdana Pilgub Jakarta meski Elektabilitas Rendah
Tangkapan Layar YouTube KPU PROVINSI DKI JAKARTA
Dharma Pongrekun (kiri) dan Kun Wardana (kanan) dalam debat Pilgub Jakarta di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara, Minggu (6/10/2024). - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Charta Politika menilai penampilan Dharma Pongrekun-Kun Wardana paling menarik di debat perdana Pilgub Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM - Debat perdana pasangan calon (paslon) calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta 2024 telah rampung dilaksanakan pada Minggu (6/10/2024).

Dalam debat perdana tersebut, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Charta Politika, Yunarto Wijaya menilai penampilan paslon nomor urut 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardana paling menarik, meskipun mereka kerap dipandang sebelah mata.

Belum lagi elektabilitas Dharma-Kun juga masih terhitung rendah dibandingkan lawannya, yakni paslon nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono dan paslon nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno.

Menurut Yunarto, pasangan yang maju secara independen itu tampak santai karena mereka memegang prinsip nothing to lose atau tidak berharap lebih pada hasil Pilkada Jakarta ke depannya akan bagaimana.

"Dharma dan Kun, menurut saya, nothing to lose. Itu yang paling menarik di debat kita," ucap Yunarto, Senin (7/10/2024), dilansir Kompas.com.

Yunarto mengatakan, tingkat elektabilitas Dharma-Kun meningkat hampir dua kali lipat dalam tiga minggu terakhir, meskipun hanya sedikit, yakni dari 3 persen menjadi 5,6 persen.

Walaupun mengalami peningkatan itu, Yunarto menilai, sejak dulu, pasangan yang maju secara independen memang sulit meraih kemenangan di Pilkada Jakarta.

BERITA REKOMENDASI

"Untuk pasangan independen, kita tahu jarang sekali untuk menang," ucapnya.

Yunarto mengatakan, penduduk Jakarta kini lebih visioner dalam memilih cagub dan cawagub.

Maka dari itu, debat antara para cagub juga cukup menentukan pilihan masyarakat nantinya.

Menurut Yunarto, cagub dan cawagub yang jarang melakukan blunder saat debat dinilai sangat penting untuk memikat hati warga Jakarta.

Baca juga: Mencatat Janji RK, Dharma dan Pramono kepada Warga Jakarta di Debat Perdana, Siapa Paling Realistis?

"Tapi, siapa yang bisa menjaga agar dirinya tidak melakukan blunder itu menjadi sangat penting," ujar Yunarto.

Dharma Tak Peduli Hasil Survei

Sementara itu, soal survei, Dharma tidak peduli dengan elektabilitas survei dirinya yang rendah di kontestasi Pilkada 2024 seperti disampaikan lembaga survei.

Karena menurutnya, hasil survei hanyalah permainan data dalam sebuah industri riset dan dia mengaku mengerti betul ihwal hal tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas