Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kembangkan Potensi Desa, Mahasiswa Undip Berikan Pelatihan Pengelolaan Website ke Karang Taruna

Potensi tersebut alangkah lebih baik jika diperkenalkan ke masyarakat luar lewat internet melalui website desa.

Kembangkan Potensi Desa, Mahasiswa Undip Berikan Pelatihan Pengelolaan Website ke Karang Taruna
Istimewa
Pelatihan pengelolaan website oleh mahasiswa KKN Tim II Undip 2020 Nobi Kharisma. 

TRIBUNNEWS.COM - Banyak yang belum menyadari, Desa Wonoroto, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ternyata memiliki potensi yang begitu besar di bidang olahraga, kesenian, hingga perdagangan. Namun sayangnya potensi tersebut belum dikembangkan dan dikelola secara maksimal oleh masyarakat setempat.

Melihat hal itu, salah seorang mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip), Nobi Kharisma bersama tim Kuliah, Kerja, Nyata (KKN) Undip mengadakan pelatihan digital untuk pemuda di Desa Wonoroto.

Menurut Nobi, pelatihan digital tersebut bertujuan agar potensi yang ada di desa tidak hanya disampaikan dari mulut ke mulut. Namun, bisa juga diketahui oleh masyarakat luas melalui sambungan internet.

“Potensi tersebut alangkah lebih baik jika diperkenalkan ke masyarakat luar lewat internet melalui website desa,” kata Nobi, Senin (3/8/2020) lalu.

Adapun pelatihan yang diberikan kepada warga desa adalah pendampingan pengembangan pengelolaan website desa.

“Pelatihan diberikan mulai dasar-dasar website, cara melakukan pengubahan tampilan, memasukkan foto hingga mempublikasikan kegiatan yang ada di Desa Wonoroto,” katanya.

Menurutnya, materi pelatihan tersebut sangat penting bagi kemajuan desa. Sebab berbagai pontensi yang ada di desa akan lebih mudah untuk diperkenalkan ke masyarakat luas.

Dengan adanya program latihan tersebut, ia berharap website desa bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Mengetahui program itu, Kepala P2KKN Undip, Fahmi Arifan mengatakan, kegiatan tersebut bisa memberikan manfaat kepada masyarakat desa dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, kegiatan KKN difokuskan pada pendampingan masyarakat untuk menghadapi pandemi. Dengan harapan hasil pengetahuan mahasiswa yang selama ini dipelajari di kampus dapat diaplikasikan ke masyarakat,” tutup Fahmi.  

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
Sumber: Tribun Jateng
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas