Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gara-gara Mancing Cara Kuno, Konten Videonya Langsung Melejit

Daeng Lala jadi inspirator di Baubau, Sultra sebagai pionir kreator konten mancing di laut menggunakan teknik kuno.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Gara-gara Mancing Cara Kuno, Konten Videonya Langsung Melejit
TRIBUN SULTRA/THAMZIL TAHIR
Youtuber Daeng Lala (berkopiah putih) bersama penulis, Thamzil Tahir di tempat kumpul komunitas di Pantai Lakeba, Baubau, Sulawesi Tenggara. Daeng Lala kini jadi sedikit di antara konten kreator sekaligus inspirator kreatif dari daerah berpulau-pulau dan kaya ikan itu. 

TRIBUNNEWS.COM, BAUBAU – Jumlah pelanggannya (subscriber) di kanal You Tube kini hampir satu juta. Tepatnya, 928 ribu subscriber.

Kontennya berisi rekaman video aktivitas memancing di laut teknik kuno. Dialah Daeng Lala, konten kreator You Tube dari Baubau, Sulawesi Tenggara.

Daeng Lala mengaku tak pernah tebersit pikiran jadi ‘yutuber’ atau konten kreator di platform video berbagi itu.




Sampai kemudian pandemi Covid-19 menjelang. Sebelum wabah menerjang Indonesia, Daeng Lala bekerja di perusahaan migas nasional di Makassar, Sulawesi Selatan.

Lalu dia kembali ke Baubau, dan menghabiskan waktu dengan memancing di laut.

Awalnya dia sewa perahu milik nelayan untuk menyalurkan hobi lamanya. Dia menggunakan pancing modern.

Stik, reel, dan alat pancing impor dia beli dengan harga tiga hingga empat kali lipat dari harga di Pulau Jawa dan Makassar.

BERITA TERKAIT

Di titik ini, dia mulai membuat Channel Youtube Daeng Lala. Konten yang diupload masih sederhana, dan seputar memancing di perahu.

Tanpa sengaja, saat air laut Pantai Lakeba Baubau surut di malam hari, dia ikut menangkap ikan bersama beberapa nelayan tradisonal tetangganya.

Bukan alat pancing dan kail, si nelayan membawa tombak dan lampu penerang listrik. Keesokan harinya video ini diunggah bersama video cara memancing teknik handliner.

Umpannya ikan hidup, sebesar jari telunjuk orang dewasa. Kurang dari 24 jam, video itu sudah meledak alias ‘booming’.

“Penontonnya kebanyakan dari Malaysia dan Singapura, saya kaget,” aku Daeng Lala. Belajar dari teknik memancing tradisional bersama tetua kampung, Daeng Lala mulai serius.

Konten-konten garapannya hanya seputar memancing, mengolah mahluk hidup laut dan pesisir, dan cara memasaknya jadi makanan rumah tangga ala Buton dan kepulauan Tukang Besi dan nelayan manusia Bajo.

Kesuksesan sebagai ‘content creator’ You Tube pun dimulai sejak itu, 2019.

Daeng Lala Jadi Mentor di Pertemuan Komunitas di Baubau Sultra
Daeng Lala (kaus putih paling kanan) berfoto seusai Kegiatan Jambore dan Musrembang Pemuda Baubau, di Hutan Pinus Samparano, Kelurahan Sorawolio, Baubau, Sulawesi Tenggara, Rabu (28/10/2021). Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Baubau.
Halaman
123
Sumber: Tribun Sultra
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas