Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bripka Gerson Terus Sisihkan Gaji dan THR untuk Pertahankan Sekolah Terpencil di Sulbar

Bripka Gerson Tolan membantu sekolah terpencil di pedalaman Desa Pakaya, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Bripka Gerson Terus Sisihkan Gaji dan THR untuk Pertahankan Sekolah Terpencil di Sulbar
TRIBUN TORAJA/HO
Sekolah terpencil di pedalaman Desa Pakaya, Pasangkayu, Sulawesi Barat yang dibantu Bripka Gerson Tolan. Sekolah ini berada jauh di kawasan perkebunan, miskin infrastruktur pendidikan yang layak. 

TRIBUNNEWS.COM, PASANGKAYU – Kegigihan Brigadir Kepala (Bripka) Gerson Tolan, anggota Polri di wilayah Polda Sulawesi Barat, layak diacungi jempol.

Dia rela menyisihkan gaji dan bahkan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk menghidupkan sekolah untuk anak-anak di desa terpencil Kabupaten Pasangkayu di Sulawesi Barat.

Bripka Gerson Tolan saat ini bertugas di Polsek Pasangkayu, dan ditunjuk jadi Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) Desa Pakava, Kabupaten Pasangkayu.

Tidak hanya sebagai polisi, ia juga mulai dikenal sebagai sosok pengajar.

Kerinduannya untuk melihat anak-anak daerah bisa mendapatkan pendidikan yang layak membuatnya tergerak untuk mengupayakan agar anak-anak di Desa Pakava bisa belajar, setidaknya memahami calistung (baca, tulis, hitung)

Desa Pakava terletak sekitar 18 kilometer dari ibu kota kabupaten. Warga di desa ini umumnya jadi petani atau buruh perkebunan sawit. Di Desa Pakava terdapat 10 dusun.

Namun, tiga dusun di antaranya tergolong wilayah terisolir yakni Dusun Siwata, Waisuba, dan Watuike.

Brigadir Kepala Gerson Tolan sebagai Bhabinkamtibmas Desa Pakava, Kecamatan Pasang Kayu, Kabupaten Pasang Kayu, Sulawesi Barat mengajar sekolah terbuka di tempat terpencil. Sekolah untuk anak-anak buruh sawit dan warga tak mampu di desa itu kelangsungannya tergantung donasi.
Brigadir Kepala Gerson Tolan sebagai Bhabinkamtibmas Desa Pakava, Kecamatan Pasang Kayu, Kabupaten Pasang Kayu, Sulawesi Barat mengajar sekolah terbuka di tempat terpencil. Sekolah untuk anak-anak buruh sawit dan warga tak mampu di desa itu kelangsungannya tergantung donasi. (TRIBUN TORAJA/HO)
BERITA TERKAIT

Lokasi dusun ini rata-rata berjarak 12 kilometer dari pusat desa di Bamba Apu. Bripka Gerson menceritakan tentang kondisi di wilayahnya tugas yang sangat terbatas.

Aliran listrik dan sinyal seluler belum ada serta akses jalan sangat terbatas. Hal ini membuat anak-anak sulit untuk bisa mengenyam pendidikan layak,

Sebenarnya, di Dusun Watuike dan Dusun Siwata terdapat kelas jauh dari Sekolah Dasar (SD) Bala Keselamatan Bamba Apu, bagian Yayasan Bala Keselamatan Indonesia yang berpusat di Bandung.

Namun, orang tua siswa menyayangkan proses belajar mengajar yang tidak maksimal.

Gerson berinsiatif "menghidupkan" sekolah tersebut dengan mulai rutin mengumpulkan anak-anak di desa. Usia muridnya pun beragam, ada yang umur 6 sampai 17 tahun.

Gerson mulai mengajar anak-anak dibantu tiga tenaga pengajar yang merupakan warga lokal yang merupakan lulusan setara SMA.

“Kita mau mereka bisa belajar lebih layak lagi, selama ini kita belajar di Bantaya (balai adat) itupun sangat seadanya, asalkan ada atap walau tanpa dinding," ucap polisi asal Makale, Tana Toraja, itu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas