Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pusat Informasi Ragunan Banjir Laporan Anak Hilang

Pusat informasi Taman Margasatwa Ragunan tampak tak biasa. Lokasi yang berada di dekat pintu barat kebun binatang

Penulis: Agustina Rasyida
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pusat Informasi Ragunan Banjir Laporan Anak Hilang
(Tribunnews/Hendra Gunawan)
Seorang petugas di taman margasatwa ragunan sedang memandikan seekor gajah koleksi bonbin itu, aksi memandikan gajah ini menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pusat informasi Taman Margasatwa Ragunan tampak tak biasa. Lokasi yang berada di dekat pintu barat kebun binatang tersebut kebanjiran pelapor kehilangan barang dan anak.

"Di sini banyak yang lapor barang hilang dan anak hilang, tapi paling banyak anak hilang," ujar Yunita, salah satu petugas insidentil TM Ragunan kepada Tribun Jakarta, Senin (20/8/2012), Jakarta.

Menurut daftar buku di pusat informasi, terdapat lebih dari 25 orang yang melapor atau petugas yang menemukan anak yang terpisah dari orangtuanya. Sebagian besar berhasil dipertemukan dengan orangtuanya.

Leli misalnya, pengunjung dari Jakarta yang menemui anaknya yang terpisah darinya di pusat informasi.

"Anak saya yang kecil lagi main-main sama kakaknya, pas kakaknya main bola, yang kecil terpisah, saya bingung banget. Untung saya dengar informasi, terus saya ke sini. Alhamdulillah anak saya ditemukan," ujar Leli yang matanya terlihat berkaca-kaca.

Anak perempuan Leli, Ratna, ditemukan seorang satpam TM Ragunan seorang diri, lalu diajak ke pusat informasi. Kemudian petugas menyatat data si anak dan diinfokan lewat pengeras suara. Agar seluruh pengunjung mendengar informasi tersebut.

Anak-anak yang hilang di TM Ragunan tak hanya Ratna, anak berusia tiga tahun. Ratna tidak menangis atau rewel meminta ketemu orangtuanya. Tetapi di tempat itu banyak anak-anak berusia satu - 11 tahun yang menangis ingin bertemu dengan orangtuanya. Anak yang terpisah dari orangtuanya akan ditemani petugas TM Ragunan dan para polisi. Mereka diberikan minuman, permen, diajak cerita, bahkan ada yang digendong untuk menenangkannya.

BERITA TERKAIT

"Kalau orangtua ngajak anak ke taman rekreasi atau tempat umum, tolong diawasi dengan seksama agar tidak terpisah dari orangtua. Kalau terpisah repot, ada yang nagis," tambah Aiptu Endang W dari Polres Jakarta Selatan.

Saat libur lebaran, TM Ragunan menerjunkan petugas Pramuka, insidentil, satpam, dan polisi untuk melayani dan mengamankan kebun binatang yang memiliki luas 140 hektar tersebut.

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas