Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Foto Serunya Acara Kerja Bakti Festival Gerakan Indonesia Mengajar

Kegiatan Festival Gerakan Indonesia Mengajar yang berlangsung di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta mulai 5-6 Oktober 2013

Penulis: Widiyabuana Slay

TRIBUNNEWS.COM - Kegiatan Festival Gerakan Indonesia Mengajar yang berlangsung di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta mulai 5-6 Oktober 2013 memang sarat dengan edukasi serta semangat tak lupa dengan diwarnai luapan kebahagiaan. Acara ini digagas oleh Indonesia Mengajar (IM), sebuah organisasi nirlaba yang diprakarsai Rektor Universitas Paramadina, Anies Baswedan.

Kegiatan yang dibuka mulai pukul 10.00 WIB ini dipadati para relawan yang ingin membantu anak-anak sekolah di seluruh Indonesia untuk mewujudkan cita-citanya. Saat Tribunnews.com menghadiri acara tersebut, Sabtu 6/10/2013), tiap wahana dipadati pengunjung.

Contohnya wahana Kartupedia, yang membuat kartu, para relawan harus antre hingga dua meter. Kelas Sains demikian juga halnya. Yang paling menyedot perhatian saat semua relawan berbaris rapi untuk mengikuti upacara.

Seorang pengunjung mengaku matanya sempat berkaca-kaca saat mengikuti upacara bendera. "Mata saya langsung berkaca-kaca," kata Trisna, seorang relawan. Keseruan lain saat peserta mengikuti Pandai Sigap dan setiap relawan harus bisa menjawab pertanyaan yang diajukan. Lucunya, pertanyaan itu sangat gampang misalnya "Suku Bugis berasal dari Sulsel" (jawab benar atau salah), dan banyak yang menjawab salah dan akhirnya harus keluar dari barisan. Setelah itu, tiap kelompok kemudian diwakili oleh tiga orang untuk naik ke atas panggung, meniru lomba Cerdas Cermat ala TVRI tahun 1980-an. Setiap pemenang mendapatkan hadiah buku dan foto gratis di photo booth.

Kegiatan menarik lainnya, saat relawan menulis surat untuk para siswa SD dan kemudian mengirimkannya ke sekolah bersangkutan. Wahana bernama Surat Semangat ini juga padat relawan. Bagi yang merasa lelah, bisa berjalan-jalan menikmati foto-foto yang ada di dinding seraya menempelkan stiker untuk mendukung cerita mana yang mereka anggap menarik dan menyentuh.

Yang mengagumkan, akses internet di Ecovention ini sungguh cepat, bahkan dalam jarak beberapa meter dari luar gedung, masih bisa terkoneksi.

Sejumlah pendukung utama dalam acara kegiatan Festival Gerakan Indonesia Mengajar  ini antara lain Kelompok Kompas Gramedia (KKG), BNI, PGN, dan sejumlah lembaga lainnya. Acara ini berlangsung mulai 5-6 Oktober 2013 mulai pukul  10.00- 18.00 WIB.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas