Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Proyek Sodetan Menunggu Normalisasi Kali Pesanggrahan

Proyek Sodetan Ciliwung yang rencananya akan dimulai awal 2014 akan menelan anggaran Rp 550 miliar

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Proyek Sodetan Menunggu Normalisasi Kali Pesanggrahan
Warta Kota/adhy kelana
PESANGRAHAN MELUAP - Meluapnya Sungai Pesanggrahan kawasan Ulujami, Jakarta Selatan mengakibatkan pengerjaan normalisasai kali itu sempat terhenti, Sabtu (16/11). Seperti terlihat alat berat excavator berhenti beroperasi karena luapan air kali Pesanggrahan menggenangi permukaan tanah. (Warta Kota/adhy kelana/kla) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Proyek Sodetan Ciliwung yang rencananya akan dimulai awal 2014 akan menelan anggaran Rp 550 miliar. Namun proyek tersebut akan berjalan setelah normalisasi Kali Pesanggrahan, Angke dan Sunter telah selesai.

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum, Muhammad Hasan menjelaskan pengerjaan normalisasi tersebut menggunakan anggaran APBN dalam program penanganan banjir nasional Kementerian PU. Untuk penanganan banjir secara nasional Kementerian PU memiliki anggaran sebesar Rp 5 triliun, 25 persen di antaranya, diperuntukkan untuk penanganan banjir DKI Jakarta.

"Saat ini sedang berjalan normalisasi kali Angke, Pesanggrahan dan Sunter. Setelah itu, baru kita kerjakan Sodetan," kata Hasan, Jumat (22/11/2013).

Menurut Hasan, jika terlaksana, nantinya Sodetan bisa mengalihkan debit air dari Ciliwung dan memotong ke Banjir Kanal Timur (BKT).

"Sodetan ini, akan mengalihkan debit banjir dari Ciliwung memotong puncaknya ke BKT hingga 60 kubik, dan itu melewati daerah yang padat sekali yakni Kebun Nanas," ucapnya.

Saat ini proses tender telah dilakukan, dan ditargetkan bisa selesai fisik pada pertengahan 2015.

"Pembangunannya akan dilakukan 25 meter dibawah permukaan tanah, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas sosial," papar Hasan.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas