Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ahok Gandeng BPK Telusuri Kasus Pengadaan Bus TransJakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pihaknya menggandeng Badan Pemeriksa Keuangan

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Ahok Gandeng BPK Telusuri Kasus Pengadaan Bus TransJakarta
Warta Kota/Henry Lopulalan
Mekanik memperbaiki bus TransJakarta yang diproduksi oleh Anhui Ankai Automobile Co Ltd, China di Pool TransJakarta, Cawang, Jakarta Timur, Senin (10/2/2014). Belum lama ini Pemprov DKI Jakarta membeli puluhan hingga ratusan armada bus TransJakarta dari China, namun ternyata banyak dari bus-bus tersebut yang diduga sudah dalam kondisi rusak. Warta Kota/Henry Lopulalan 

Laporan Wartawan TRIBUNnews.com, Nicolas Timothy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pihaknya menggandeng Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk ikut mengaudit pengadaan bus baru TransJakarta yang diduga korupsi.

"Tadi sudah tanda tangan dan paraf Pak Gubernur untuk nanti dikirim ke BPK," ujar Basuki atau akrab disapa Ahok di Balai Kota, Jakarta, Selasa (25/2/2014).

Ahok mengatakan, langkah Pemprov DKI melibatkan BPK untuk mengaudit pengadaan bus TransJakarta tersebut dinilai sudah tepat. Sementara, pihaknya juga tidak mempermasalahkan apabila ada warga yang melaporkan kasus ini ke KPK.

"Kalau BPK itu internal. Kalau KPK itu eksternal," ucap mantan Bupati Belitung Timur ini.

Selain itu, Ahok juga menjelaskan mengapa pihaknya tidak langsung mmelaporkan kasus ini ke KPK. Sebab, sesuai prosedur instansi pemerintahan, pihaknya harus melalui BPK.

"Kalau secara prosedur pemerintahan begitu. Jadi, bukan lapor ke KPK, tapi ke BPK. Hasil temuan BPK baru diserahkan ke Jaksa atau Polisi," kata Ahok.

BERITA TERKAIT
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas