Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ayo Berwisata ke Balai Kota Jakarta

Kompleks Balai Kota Jakarta, mulai hari ini, Sabtu, dibuka untuk masyarakat umum

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Ayo Berwisata ke Balai Kota Jakarta
KOMPAS.COM/JESSI CARINA
Alat pendeteksi logam (metal detektor) disiapkan di pintu masuk di pendapa Balai Kota Jakarta menjelang dibuka untuk umum, Sabtu (12/9/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kompleks Balai Kota Jakarta, mulai hari ini, Sabtu, dibuka untuk masyarakat umum khusus akhir pekan.

Berbagai sudut-sudut Balai Kota pun telah "disulap" untuk menyambut masyarakat yang ingin berwisata di Gedung Balai Kota hari ini, Sabtu (12/9/2015).

Pantauan Kompas.com, warga yang masuk dari Jalan Medan Merdeka Selatan akan diperiksa terlebih dahulu dengan metal detector. Kemudian, warga langsung melihat kumpulan muda-mudi yang sedang duduk-duduk di halaman Balai Kota.

Tidak jauh dari taman, warga akan melihat sebuah kolam lengkap dengan air mancur. Kolam ini juga telah diisi dengan ikan-ikan. Padahal, biasanya tidak ada ikan di kolam tersebut.

Tepat di depan kolam, warga akan melihat pendapa Balai Kota yang biasanya menjadi akses masuk Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama setiap harinya.

Pendapa ini juga biasanya menjadi tempat warga mengadu saat Ahok keluar dari ruang kerja. Ahok juga sering memberi kesempatan wartawan untuk wawancara di pendapa ini.

Biasanya, wilayah pendopo hanya terdapat kursi-kursi saja. Namun pagi ini, karangan bunga menghias sudut-sudut pendapa. Khusus acara pembukaan pagi ini, pegelaran musik gamelan juga sedang disiapkan di depan pendapa.

BERITA TERKAIT

Jika masuk lebih dalam ke kawasan Balai Kota, warga akan melihat aula terbuka yang dipenuhi dengan berbagai dagangan kuliner. Di sana ada asinan, mie kocok, gudeg, pempek, bir pletok, nasi kebuli, dodol khas Betawi, dan juga beragam minuman segar lainnya.

Padahal, biasanya aula yang juga terletak dekat dengan tempat parkir mobil gubernur dan wakil gubernur ini digunakan untuk aktivitas pejalan kaki saja. Pada hari Jumat, aula ini digunakan untuk tempat beribadah shalat Jumat.

Di ujung aula, juga terlihat metal detector yang menjadi tanda jalan keluar pameran tour Balai Kota. Selain hal-hal yang disebutkan tadi, nantinya Balai Kota juga akan diramaikan dengan pagelaran musik di halamannya. Warga juga bisa masuk ke dalam Balai Kota dan melihat-lihat ruangan di dalamnya.(Jessi Carina)

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas