Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sambut Warga, Kolam di Halaman Kantor Ahok Kini Sudah Diisi Ikan

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dijadwalkan akan membuka wisata Balai Kota, Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Sambut Warga, Kolam di Halaman Kantor Ahok Kini Sudah Diisi Ikan
Kompas.com/Alsadad Rudi
Gedung Utama Balai Kota DKI Jakarta 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dijadwalkan akan membuka wisata Balai Kota, Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Rencananya ia akan membuka wisata tempat kerjanya itu pada 09.00 WIB, Sabtu (12/09/2015).

Beberapa persiapan sudah dilakukan di Balai Kota. Satu di antaranya poster yang menunjukkan nama tempat, ada yang bertuliskan "Pendopo Balai Kota". Poster itu terpajang di area depan Balai Kota.

Kolam di halaman Balai Kota yang tadinya kosong, kini sudah terisi ikan-ikan. Untuk pengamananan Satpol PP dan Pamdal diturunkan. Selain itu ada tiga alat metal detector yang sudah terpasang.

Nantinya seluruh area Balai Kota boleh dimasuki oleh masyarakat umum, tapi hanya lantai dasarnya saja. Selain itu, Ruang Rapat Pimpinan, Ruang Tempo Doeloe dan Ruang Gubernur tidak boleh dimasuki warga.

Ahok ingin warga Jakarta bisa menikmati tempat di mana biasanya seorang Gubernur DKI bekerja. Ia juga tak ingin warga takut untuk datang ke Balai Kota.

"Dulu kalau kita datang ke Balai Kota kan takut. Warga pasti dilarang masuk. Padahal orang juga pengen lihat seperti apa di dalam. Anak-anak sekolah juga pegen lihat gubernur duli siapa. Ini ada fotonya disini. Orang-orang juga pengen foto sama gubernur kebanggaannya misalnya. Ya kenapa nggak boleh gitu loh. Itu pikiran saya saja,” ujarnya di Balai Kota, Jumat (11/9/2015).

BERITA TERKAIT

Untuk para warga Jakarta yang ingin ke Balai Kota bisa masuk dari dua sisi, yakni pintu depan dan pintu belakang. Untuk parkirnya bisa di IRTI Monas, atau Blok A Basement Lantai 3 Gedung DPRD DKI.

Di Balai Kota para masyarakat umum bisa menikmati kuliner. Para pedagang boleh berjualan asal lolos dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Tidak hanya ada kuliner, dan menikmati interior bangunan di Balai Kota, warga juga bisa menikmati musik yang akan selalu ada setiap Sabtu dan Minggu.

Dinas Budaya dan Pariwisata akan menggelar pentas musik, yang acaranya diisi oleh para pengamen jalanan. Itu merupakan pesan dari Ahok, "Silahkan undang sebanyak-banyaknya musik jalanan, tapi jangan yang modalnya botol plastik doang," ujar Kabiro Umum Provinsi DKI Jakarta, Agustino Dharmawan, Agustino menirukan pesan Ahok kepadanya.

Untuk pengamanan, nantinya para warga Jakarta yang mau masuk Balai Kota akan dicek melalui mesin metal detector. Selain itu, ada 40 Satpol PP yang akan berjaga sampai Balai Kota ditutup, "Yang pasti tidak diperbolehkan untuk berkampanye," tambah Agustino.

Sedangkan ada tiga orang guide, yang akan membimbing para warga Jakarta di Balai Kota. Wisata di Balai Kota akan dibuka oleh Ahok pada Sabtu (12/9/2015). Balai Kota akan dibuka setiap Sabtu-Minggu pukul 10.00 WIB -17.00 WIB untuk Ruangan Dalam, 10.00 WIB-20.00 WIIB untuk luar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas