Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Akomodasi Balapan Liar, Polisi di Jakarta Siapkan Jalanan untuk Balapan Liar, Ini Jalan-jalannya

Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan wadah bagi pembalap liar di Jakarta.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Akomodasi Balapan Liar, Polisi di Jakarta Siapkan Jalanan untuk Balapan Liar, Ini Jalan-jalannya
net
Balapan liar 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polisi beserta pemangku kepentingan lainnya, seperti Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Pemprov DKI Jakarta, segera mengubah "wajah" balap liar di Jakarta.

Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan wadah bagi pembalap liar di Jakarta.

"Kami mencoba mengakomodasi terhadap fenomena yang dilakukan remaja dengan melakukan balapan di jalan, atau istilahnya balap liar," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Risyapudin di Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Setelah melakukan rapat dengan pemangku kepentingan tersebut, nantinya sebuah wadah akan dibentuk, berupa organisasi yang menaungi pembalap liar.

Salah satu langkahnya adalah membuat balapan resmi pada pertengahan Februari 2016 di beberapa jalan yang kerap dijadikan tempat balap liar.

"Dengan ada satu wadah ini untuk mengakomodasi, hobi mereka akan tersalurkan, dan akan dikelola IMI, pemda (pemprov), dan kepolisian," kata Risyapudin.

Beberapa wilayah yang akan dijadikan ajang untuk balapan, antara lain, Jalanan Benyamin Sueb di Kemayoran, Jalan Asia Afrika, dan kawasan seputar Taman Mini Indonesia Indah. Wilayah lainnya akan disesuaikan setelah melihat kondisi jalan untuk balapan.

BERITA TERKAIT

"Kalau misalkan ini memang suatu hal yang layak, terutama tidak ada lobang, tikungannya tidak terlalu tajam, terus dari sisi jalan aspal cukup memadai, ya nanti pihak IMI dengan pihak Bina Marga meninjau," kata Risyapudin.

Adapun pihak kepolisian akan mengawasi dari sisi keamanan dan pengalihan arus lalu lintas. Sebab, kawasan tersebut nanti akan dibentuk seperti car free night.

Penulis: Kahfi Dirga Cahya

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas