Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jadi 'Landmark' Kota Tangerang, Masjid Terapung di Kali Cisadane Selesai Dibangun Tahun Ini

Dana pembangunan masjid terapung juga sudah dianggarkan

zoom-in Jadi 'Landmark' Kota Tangerang, Masjid Terapung di Kali Cisadane Selesai Dibangun Tahun Ini
nur ichsan/warta kota
PUNGUT SAMPAH - Sejumlah pekerja sedang memunguti sampah yang terjebak dalam lumpur Kali Cisadane yang mengalami pengendapan di kawasan Pintu Air, Kota Tangerang, Selasa (29/12). Kegiatan ini dalam upaya memperlancar arus air untuk mencegah bahaya banjir. WARTA KOTA/nur ichsan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Kota Tangerang  membuat desain pembangunan masjid terapung di Kali Cisadane pada tahun ini.

Dana pembangunan masjid terapung juga sudah dianggarkan.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Tangerang berencana menata bantaran kali Cisadane, seiring dengan berjalannya proses penurapan kali yang tengah dilakukan pihak Kementerian Pekerjaan Umum.

Salah satu bentuk penataan adalah dengan membangun sebuah masjid terapung di kali Cisadane.

"Basic design sudah ada. Tahun ini rencananya akan dibangun, dan selesai tahun ini juga. Anggaran yang sudah disiapkan Rp 800 juta, " kata Kepala Bidang Perencanaan Teknis Pembangunan Gedung Dinas Bangunan Kota Tangerang, Riznur Masrun pada Rabu (20/1/2016).

Riznur mengatakan, kendati desain awal masjid sudah ada, namun pihaknya masih harus mengkaji lebih dalam lagi apakah desain yang ada bisa diterapkan di lokasi pembangunan atau tidak.

"Januari ini kami baru rampungkan detail engineering design (DED), sembari nanti pembangunannya berjalan. Sekarang ini detail hitung - hitungannya belum ada," katanya.

BERITA TERKAIT

Yang jelas, menurut Riznur, ukuran masjidnya tidak lebih besar dari musala Al Ittihad kemarin.

Desainnya pun, kata Riznur, akan dibuat semenarik mungkin agar layak dijadikan salah satu landmark Kota Tangerang.

"Rencananya memang posisinya menjorok ke tengah kali. Ini yang harus dikaji dalam, supaya pembangunan masjid ini tidak mengganggu turap kali yang juga sedang dilakukan, " kata Riznur (Banu Adikara).

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas