Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bantu Atasi Kekurangan Stok Darah di DKI Jakarta, 1.000 Orang Lakukan Donor Darah Massal

"Ini merupakan penyelenggaraan donor darah yang ketujuh yang sudah kita lakukan. Kita bersyukur, target 1000 peserta bisa tercapai, bahkan lebih."

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Bantu Atasi Kekurangan Stok Darah di DKI Jakarta, 1.000 Orang Lakukan Donor Darah Massal
ISTIMEWA
Donor darah massal di Mangga Dua Square, Sabtu (3/4/2016) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Demi Membantu kekurangan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, Pundi Amal SCTV bekerja sama dengan Mangga Dua Square menggelar acara donor darah massal, di pusat perbelanjaan Mangga Dua Square (M2S), Jl Gunung Sahari, Jakarta Sabtu (2/4/2016).

Aksi donor darah massal ini diikuti sekitar 1.000 peserta berasal dari pengunjung, tenant, relawan dan warga Jakarta sekitar mal.

Shindiwaty, Manajer Komunikasi M2S dalam keterangan persnya kepada Tribun, Minggu (3/4/2016) menyebutkan, kegiatan donor darah massal ini dilakukan untuk membantu Palang Merah DKI Jakarta dalam mengatasi kekurangan stok darah.

Acara donor darah sendiri merupakan kegiatan CSR rutin yang digelar dua kali dalam setahun sejak manajemen Agung Podomoro mengambil pengelolaan M2S pada 2012 dan diselenggarakan oleh Yayasan Agung Podomoro bertsama Pundi Amal SCTV dan PMI DKI Jakarta.

"Ini merupakan penyelenggaraan donor darah yang ketujuh yang sudah kita lakukan. Kita bersyukur, target 1000 peserta di kegiatan donor darah ini bisa tercapai, bahkan bisa lebih karena acara berlangsung sampai sore hari," kata Shindiwaty.

Bersamaan dengan acara donor darah ini juga diselenggarakan kegiatan pengobatan gigi gratis dengan 1.000 peserta bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan kegiatan lomba mewarnai dengan 1.000 peserta untuk anak-anak.

Untuk kegiatan donor darah ini, pengelola mal mendapatkan pinjaman bed dari PMI DKI Jakarta sebanyak 63 buah, dengan didukung 30 staf dan 10 orang dokter di lokasi.

BERITA TERKAIT

"Setiap kita menyelenggarakan kegiatan donor darah, PMI DKI Jakarta biasanya menyediakan 750 kantong. Tapi kali ini kita bersyukur juga, kantong yang mereka siapkan lebih banyak," jelasnya.

Ketua PMI DKI Jakarta Rini Sutiyoso mengatakan, PMI DKI kerap mengalami kekurangn pasokan darah. Menurutnya, saat bulan Ramadan tiba biasanya jumlah pendonor darah jauh berkurang karena alasan menjalankan ibadah puasa.

Padahal, menurutnya, aktivitas mendonorkan darah selama bulan puasa tetap bisa dilakukan dan tidak menganggu kesehatan. Donor darah bisa dilakukan setelah berbuka puasa.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas