Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Yang Dilakukan Wali Kota Depok Menyambut Pemindahan 1.000 Napi ke Rutan Cilodong

Alasannya karena jumlah napi dan tahanan di dua lapas itu sudah over kapasitas sementara Rutan Cilodong bisa menampungnya.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Yang Dilakukan Wali Kota Depok Menyambut Pemindahan 1.000 Napi ke Rutan Cilodong
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly berencana memindahkan seribu narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba dan Lapas Cipinang ke Rumah Tahanan (Rutan) Cilodong, di Kecamatan Cilodong, Depok, dalam waktu dekat ini.

Alasannya karena jumlah napi dan tahanan di dua lapas itu sudah over kapasitas sementara Rutan Cilodong bisa menampungnya.

Atas rencana ini, Wali Kota Depok, Mohammad Idris Abdul Shomad mengaku sudah membuat sebuah program kerja sama antara Pemkot Depok dengan Rutan Cilodong, Depok.




Yakni berupa program pembangunan mental dan rohani bagi para napi dan tahanan yang menghuni Rutan Cilodong, Depok.

"Kami sudah memulai perizinan untuk kerjasama ini, berupa pembangunan mental dan rohani penghuni Rutan Cilodong. Bentuknya berupa sejumlah bimbingan khusus," kata Idris, Rabu (20/4/2016).

Menurutnya hal ini sangat penting agar para napi dan tahanan dapat lebih memaksimalkan potensi positif mereka ketika nantinya keluar dari Rutan.

"Selain itu hal ini bisa membuat keberadaan dan aktualisasi diri mereka di tengah masyarakat nantinya berjalan baik," katanya.

BERITA TERKAIT

Idris menjelaskan Rutan Cilodong merupakan Rutan percontohan tahap II, apabila dinilai dari segi struktur bangunan, fasilitas dan pengamanan.

Ia juga mengaku rutan yang dibangun Kemenkumham dan beroperasi sejak 2015 ini sangat layak sebagai tempat peralihan bagi Rutan dan Lapas di Jakarta yang sudah over kapasitas.

Sebelumnya Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Yasonna Laoly menyambangi Rutan Cilodong, Selasa (19/4/2016).

Kedatangan Yasonna untuk menjajaki kemungkinan pemindahan seribu napi dan tahanan di Lapas Salemba dan Cipinang ke Rutan Cilodong.

"Sebab Lapas di Jakarta sudah over kapasitas. Ternyata di Rutan Cilodong, masih banyak tempat dan sekitar seribu napi dan tahanan di Jakarta bisa digeser ke sini," kata Yasona.

Selain Rutan Cilodong, kata dia, sejumlah rutan dan lapas di sekitar Jakarta juga dilihat kemungkinan untuk redistribusi tahanan ini. Diantaranya Rutan di Gunung Sindur, Bogor dan di Cikarang, Bekasi.

"Semuanya kami lihat dulu kesiapannya. Yang pasti di Rutan Cilodong dari kapasitas seribu lebih baru terisi 150 saja," katanya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas