Tribun

Polisi Ciduk Penipu Ratusan Siswa SD di Bekasi

Pelaku penipuan terhadap ratusan siswa SDN 03 Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi akhirnya ditangkap polisi, Kamis (9/6/2016) pagi.

Editor: Adi Suhendi
Polisi Ciduk Penipu Ratusan Siswa SD di Bekasi
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Pelaku tindak kejahatan diborgol (ilustrasi) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelaku penipuan terhadap ratusan siswa SDN 03 Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi akhirnya ditangkap polisi, Kamis (9/6/2016) pagi.

Pelaku, Firman Apriansyah (39) diamankan saat bersembunyi di kediamannya, Perumahan Citra Indah City Bukit Menteng Blok A1 Nomor 49, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

"Pelaku kami amankan tanpa perlawanan di rumahnya," ujar Kepala Kepolisian Sektor Jatiasih, Komisaris Aslan Sulatomo pada Kamis (9/6) siang.

Seperti diberitakan, sebanyak 153 siswa kelas VI di sekolah setempat ditipu pelaku yang berdalih sebagai penyelenggara acara (event organizer/EO).

Dalam aksinya, pelaku menjanjikan para siswa bisa melaksanakan study tour dengan biaya Rp 400.000 per orang.

Saat itu Ketua Panitia, Ratu Rika Permatasari menyetorkan uang sebanyak Rp 39 juta pada bulan April dengan lima tahapan.

Tahap pertama hingga ketiga orangtua siswa menyetor uang Rp 10 juta tunai, lalu tahap keempat Rp 6 juta tunai dan tahap kelima Rp 3 juta lewat transfer.

Namun pada Rabu, 25 Mei 2016 para siswa tak kunjung diberangkatkan ke Taman Wisata Matahari Puncak, Kabupaten Bogor untuk melaksanakan study tour.

Karenanya, para panitia melaporkan kejadian ini ke Mapolsek Jatiasih.

Aslan mengatakan, modus penipuan yang dilakukan pelaku adalah dengan menawarkan jasa transportasi dan EO lewat CV Pelangi Permata Tour.
Dalam menjalankan aksinya, pelaku diperantarai Jodi Cahyo Sriyono (JCS) yang merupakan rekan dari seorang panitia kegiatan dan juga teman Firman.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas