Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Katulampa Siaga II, Warga Jakarta di Bantaran Sungai Ciliwung Diminta Waspada Banjir Kiriman

Hujan lebat yang cukup lama di Bogor, Jawa Barat, memicu kenaikan debit air di hulu Sungai Ciliwung, Kamis (13/4/2017).

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Y Gustaman
zoom-in Katulampa Siaga II, Warga Jakarta di Bantaran Sungai Ciliwung Diminta Waspada Banjir Kiriman
Capture Youtube
Warga Jakarta, terutama yang berada di sekitar Sungai Ciliwung diimbau untuk waspada. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hujan lebat yang cukup lama di Bogor, Jawa Barat, memicu kenaikan debit air di hulu Sungai Ciliwung, Kamis (13/4/2017).

Tinggi muka air Sungai Ciliwung terus meningkat sehingga menyentuh pada level Siaga 2 yaitu 170 sentimeter pada Kamis sekitar pukul 20.30 WIB.

"Hingga pukul 21.15 WIB tinggi muka air Sungai Ciliwung masih 170 sentimeter atau Siaga 2. Hujan deras masih terus berlangsung di Bogor," tutur Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangannya.

BPBD Kota Bogor dan BPBD DKI Jakarta terus memantau perkembangan debit Sungai Ciliwung. Diperkirakan pada Jumat (14/4/2017) pukul 05.00 WIB Pintu Air Manggarai akan dibuka.

Sebelum tiba di Pintu Air Manggarai, Sutopo mengimbau masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung untuk waspada akan datangnya banjir kiriman.

Daerah bantaran sungai yang diperkirakan terdampak banjir adalah Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina dan Kampung Melayu. Daerah ini merupakan daerah langganan banjir karena berada di bantaran sungai.

BERITA TERKAIT

BPBD DKI Jakarta telah menyampaikan peringatan dini banjir kepada berbagai pihak. Penyebaran informasi kepada warga bantarab kali, Atas Kenaikan Tinggi Muka Air Katulampa 170 cm/H (siaga 2) melalui Sosial Media, seperti Twitter, Facebook, BBM, Whatsapp dan Website.

Penyerbaran informasi melalui Peringatan Dini Disaster Warning System (DWS), Wilayah Bidara Cina dan Kampung Melayu sudah di aktifkan, Bendungan Katulampa pukul 20.30 WIB, TMA 170 cm/H (siaga 2). Penyebaran memalui SMSBLAST sudah di aktifkan sesuai SOP masuk (siaga 2).

"Diperkirakan banjir tidak terlalu besar karena di wilayah Jakarta tidak terjadi hujan lebat. Kondisi Sungai Ciliwung di Depok dan Manggarai kondisi normal sehingga adanya tambahan kenaikan debit banjir tidak akan luas dan besar," tambah dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas