Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang Diuntungkan Jika Ibu Kota Pindah, Mengapa?

Terlebih bila wacana itu terlaksana, Kota Jakarta nantinya hanya akan menjadi pusat Bisnis.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang Diuntungkan Jika Ibu Kota Pindah, Mengapa?
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Mohamad Afkar Sarvika

TRIBUNNEWS.COM,BOGOR  - Wacana pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia dinilai dapat berdampak bagi kehidupan masyarakat di kota-kota penyangga.

Pendapat tersebut dilontarkan langsung Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto di sela-sela kegiatannya di Balai Kota Bogor, Jumat (7/7/2016).

Menurut Bima, ketika Ibu Kota Negara dipindahkan ke luar jawa, maka kota penyangga seperti Bekasi, Bogor, Depok dan Tangerang bisa fokus untuk meningkatkan kualitas hidup warganya.

Baca: Cak Imin: Rencana Pemindahan Ibu Kota Bukan Karena Anies-Sandi Menang Pilgub DKI

Terlebih bila wacana itu terlaksana, Kota Jakarta nantinya hanya akan menjadi pusat Bisnis.

"Saya kira darerah penyangga akan lebih memiliki ruang, karena beban politis bisa berkurang, sehingga daerah penyangga bisa fokus mengembangkan investasi dan bisnis," jelasnya kepada TribunnewsBogor.com.

BERITA TERKAIT

Orang nomor satu di Kota Bogor itu pun menilai dengan dipindahkannya Ibu Kota Negara dapat mengurangi pertumbuhan penduduk dan arus migrasi di Kota Penyangga.

"Jadi bagi saya, Bogor sebagai Kota Penyangga akan diuntungkan bila wacana kepindahan Ibu Kota Negara benar terealisasi, terlebih kualitas hidup warga bisa ditingkatkan," katanya.

Kendati demikian dia pun meminta agar Pemerintah segera memberikan keputusan terkait wacana pemindahan Ibu Kota Negara ke luar Jawa.

"Yang penting segera diputuskan saja, jangan terus menjadi wacana, tapi segera diputuskan di titik mana, karena prosesnya lama, tak sebentar bisa lima atau bahkan 10 tahun," tandasnya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas