Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gubernur DKI Resmikan Delapan Sekolah di Kepulauan Seribu

Delapan sekolah itu telah direnovasi total oleh Pemprov DKI Jakarta sejak tahun 2017.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Gubernur DKI Resmikan Delapan Sekolah di Kepulauan Seribu
Yanuar Nurcholis Majid/Tribunnews.com
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat menandatangi peresmian delapan sekolah yang seluruh nya berada di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Rabu (9/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Nurcholis Majid

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Berkunjung ke Kepulauan Seribu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmikan delapan sekolah yang seluruh nya berada di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

Delapan sekolah itu telah direnovasi total oleh Pemprov DKI Jakarta sejak tahun 2017.

Kedepalan sekolah tersebut adalah SDN Pulau Kelapa 01 Pagi, SDN Pulau Panggang 03 Pagi, SMPN 133 Jakarat, SMPN 260 Jakarta.

Serta SMPN 285 Jakarta, SMPN 288 Jakarta, PKBM Negeri 36 Jakarta, dan SMKN 61 Jakarta.

"Saya ingin garis bawahi sebuah tempat disebut sekolah bukan karena bentuk bangunannya. Sebuah tempat disebut sekolah bila di sana ada proses belajar mengajar," ujar Anies, di SMKN 61, Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Rabu (9/5/2018).

"Dimanapun bila di situ ada pendidik, ada peserta didik, ada yang belajar maka di situ sebagai disebut sebagai sekolah. Karena itu sekolah disebut baik, bukan gedung yang yang baik. Sekolah disebut baik bila proses belajar mengajar nya berjalan dengan baik. Itu tujuan pendidikan," katanya.

BERITA TERKAIT

Selain itu Anies menjelaskan bahwa yang terpenting dari peresmian tersebut bukanlah gedung sekolah nya melainkan proses belajar mengajar yang baik.

"Tujuan utamanya adalah proses belajar mengajar yang bukan sarana prasarananya. Tapi dengan sarana prasarana yang baik, maka guru akan bisa mengajar dengan baik, pendidik akan bisa mendidik dengan baik dan anak-anak pun akan bisa belajar dengan baik," ujar Anies.

Pada kesempatan itu Anies juga mengingatkan kepada Kepala Sekolah untuk tetap merawat fasilitas sekolah dan tidak membeda-bedakan fasilitas guru dan murid.

"Periksa terus kamar mandinya jangan ditulisin kamar mandi guru, kamar mandi siswa, kamar mandi guru bersih rapi, kamar mandi siswa bermasalah. Pastikan semuanya semuanya bersih kalau ada masalah segera diperbaiki, jangan ditunda sampai sudah masalahnya masalahnya parah," ucap Anies.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sopan Andrianto menyampaikan bahwa pihaknya telah membangun 101 sekolah yang di renovasi total sepanjang tahun 2017.

"Semoga dengan renovasi ini anak-anak lebih menjadi senang untuk datang kesekolah," ujar Sopan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas