Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Angkutan Lebaran di Terminal Kalideres Banyak Tak Miliki Alat Kelengkapan Kendaraan

Pemerintah memberikan surat peringatan untuk bus-bus yang tidak memiliki alat kelengkapan tersebut.

Editor: Sanusi
zoom-in Angkutan Lebaran di Terminal Kalideres Banyak Tak Miliki Alat Kelengkapan Kendaraan
Warta Kota/Nur Ichsan (SAN)
CEK ANGKUTAN LEBARAN - Kepala Terminal AKAP Kalideres, Jakarta Barat, Zevi Zulkarnain beserta jajaran, melakukan ramcek uji kelengkapan dan kelayakan pra angkutan lebaran, pada sejumlah bus yang ada di terminal tersebut, Selasa (22/5/2018). Menurut Kepala Terminal AKAP Kalideres, Zevi Zulkarnain, sebanyak 97 unit bus yang telah diperiksa sebanyak 22 dianttaranya telah dinyatakan lulus uji coba. Ini dilakukan untuk mengantisipasi bahaya kecelakaan dan memberi rasa nyaman bagi calon penumpang yang menggunakan angkutan bus lebaran. (Warta Kota/Nur Ichsan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melakukan dua pemeriksaan terhadap bus antar-kota antar-provinsi (AKAP) yang jadi angkutan Lebaran 2018 di Terminal Kalideres, Jakarta Barat.

Kedua pemeriksaan itu yakni pemeriksaan utama yang berkaitan dengan keselamatan dan pemeriksaan alat kelengkapan kendaraan.

"Faktor utama itu wajib, kayak sistem rem, sistem kemudi, sistem lampu," ujar Kepala Terminal Bus AKAP Kalideres Revi Zulkarnaen di Terminal Kalideres, Rabu (6/6/2018).

Hingga hari ini, sudah ada 245 angkutan Lebaran yang diuji kelaikannya.

Menurut Revi, bus-bus angkutan Lebaran yang telah diperiksa memenuhi standar keselamatan. Namun, masih banyak bus yang tidak memiliki alat kelengkapan kendaraan.

"Rata-rata kendaraan itu untuk sistem keselamatan sudah oke, tapi kebanyakan masih kekurangan pada alat kelengkapan, seperti banyak yang masih alat pemukul kacanya kurang, tidak ada segitiga pengaman, kotak obat," kata Revi.

Pemerintah memberikan surat peringatan untuk bus-bus yang tidak memiliki alat kelengkapan tersebut. Perusahaan Otobus (PO) harus melengkapi kekurangan alat kelengkapan itu sebelum diperiksa kembali oleh petugas.

BERITA REKOMENDASI

Petugas akan menindak bus-bus yang tidak juga melengkapi alat-alat kelengkapan itu dan tidak menerbitkan stiker laik jalan. Dengan demikian, bus tersebut tidak bisa beroperasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banyak Angkutan Lebaran di Terminal Kalideres Tak Miliki Alat Kelengkapan Kendaraan"

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas