Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ganjil-Genap Diberlakukan di Pondok Indah, Ini Tanggapan Pengamat

Terlebih Jalan Alteri Pondok Indah merupakan akses utama warga selatan Jakarta, seperti Tangerang Selatan dan Depok menuju Ibu Kota

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Ganjil-Genap Diberlakukan di Pondok Indah, Ini Tanggapan Pengamat
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah kendaraan melaju di jalur bus transjakarta di Jalan Arteri Pondok Indah, Jakarta, Jumat (2/3/2018). Meski seringkali dilakukan penindakan namun para pengendara masih nekat untuk melaju di jalur bus transjakarta. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sistem ganjil-genap di sepanjang Jalan Arteri Pondok Indah selama Asian Games 2018 dinilai Pengamat Perkotaan Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, Musni Umar tidak akan mengurangi kemacetan.

Sementara, penggunaan jalan pemukiman perumahan Pondok Indah akan memicu titik kemacetan yang merugikan warga setempat. 

Menurutnya, kebijakan yang dikeluarkan pemerintah haruslah yang memberikan keuntungan dan manfaat bagi masyarakat.

Terlebih Jalan Alteri Pondok Indah merupakan akses utama warga selatan Jakarta, seperti Tangerang Selatan dan Depok menuju Ibu Kota

"Jadi setiap kebijakan harus dilihat untung ruginya, ini akan menyulitkan mereka yang memiliki 1 kendaraan. Karena mereka pekerja mengejar waktu, harus keluar rumah jam berapa, belum sarapan pagi, bersiap-siap kerja," jelasnya dihubungi pada Senin (25/6/2018) malam.

Keputusan tersebut katanya menghambat mobilitas masyarakat. Apabila dilihat dari sisi ekonomi, warga dinilainya sangat dirugikan atas waktu dan terbuangnya BBM akibat macet. 

"Dialihkan lewat jalan perumahan juga tetap tidak memberikan manfaat banyak kepada pengguna jalan. Cukup diterapkan di Jalan Sudirman - Thamrin saja. Kalau tetap diberlakukan, pekerja yang dipersulit, masalahnya transportasi umum belum ideal," . 

Baca: Ditjen Pajak Kini Mempermudah Syarat Mendapatkan Tax Allowance

BERITA TERKAIT

"Walau sementara, kondisi ini berpengaruh juga pada ekonomi nantinya," tuturnya. 

Seperti diketahui sebelumnya, Jalan Arteri Pondok Indah, Kebayoran Lama serta Jalan RA Kartini, Cilandak, Jakarta Selatan termasuk dalam perluasan sistem ganjil-genap Asian Games 2018.

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas