Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BNN Bersama Kesbangpol Gelar Tes Urine, 11 Pegawai Pemkot Tangerang Positif Konsumsi Narkoba

Ia menjelaskan, dari hasil tes urine, 11 orang yang diduga mengonsumsi barang terlarang tersebut akan dilakukan tahap rehabilitasi

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in BNN Bersama Kesbangpol Gelar Tes Urine, 11 Pegawai Pemkot Tangerang Positif Konsumsi Narkoba
Net
Ilustrasi tes urine. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangerang gencar melaksanakan kegiatan tes urine terhadap aparatur Pemerintahan Kota (Pemkot) Tangerang.

Alhasil pada 14 Agustus 2018 saat diadakan tes urine di beberapa Kantor Kecamatan Kota Tangerang didapati, 11 pekerja yang berstatus Tenaga Harian Lepas (THL) dan Tenaga Kerja Sukarela (TKS) terbukti positif menggunakan narkoba.

Baca: Sabu Seberat 6.578,07 Gram Dimusnahkan BNNP Kepri

Kepala BNN Kota Tangerang AKBP Akhmad Hidayanto mengatakan, pada saat tes urine pertama di Kecamatan Cibodas, didapat seorang THL inisial RF yang kedapatan mengonsumsi ganja.

Petugas pun mengembangkan kasus ini dari pegawai Kecamatan Cibodas ke kecamatan lainnya berdasarkan hasil tes urine RF

"Jadi ini hasil pengembangan ya, dari awalnya Kecamatan Cibodas, lalu ke Kecamatan Neglasari terus mengembang ke THL lain sampai didapati 11 orang mengonsumsi narkoba," ujar Akhmad saat dihubungi di Tangerang, Kamis (30/8/2018).

Ia menjelaskan, dari hasil tes urine, 11 orang yang diduga mengonsumsi barang terlarang tersebut akan dilakukan tahap rehabilitasi.

Sebab, mereka semua merupakan pengguna bukan pengedar.

BERITA TERKAIT

"Kalau untuk pegawai kecamatan itu kan pengguna jadi kita kembalikan dan dilakukan rehabilitasi, karena kan mereka pemakai dan kecanduan," tegas Akhmad.

Akhmad mengatakan giat tes urine yang dilaksanakan secara rutin di lingkungan Pemkot Tangerang ini bertujuan untuk memutuskan mata rantai pemakaian barang haram berupa narkoba.

"Sesuai harapan Pak Wali Kota dengan BNN dan Kesbangpol dengan tes urine memberikan dampak, kan banyak hasil. Pada tahun lalu saja pegawai Dishub dan Satpol PP kena," ucapnya.

Demi memangkas angka pengguna narkoba di Tangerang, ujar Akhmad, pihaknya akan terus gia melakukan tes urine di wilayah-wilayah aparatur Kota Tangerang yakni, Kecamatan dan Kelurahan.

Menurutnya, kegiatan itu akan dilakukan kembali secara acak dan mendadak tanpa pemberitahuan terhadap empat kecamatan di Kota Tangerang.

Baca: Kiai Maruf Amin Tidak Bertemu Habib Rizieq di Mekkah

"Masih ada empat kecamatan lagi, kalau di dinas kemarin saya koordinasi dengan Kesbangpol akan melihat waktu dan kesempatan. Kami akan mengadakan tes urine secara mendadak tanpa mengetahui kepalanya," jelas dia.

Hingga berita ini dimuat, TribunJakarta.com mencoba mengkonfirmasi Camat Cibodas namun belum mendapatkan jawaban.

Penulis: Ega Alfreda

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: Hasil Tes Urine, 11 Pegawai Pemerintah Kota Pemkot Tangerang Positif Konsumsi Narkoba

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas