Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peristiwa Longsor di Depok Sudah Terjadi 33 Kali Sejak Bulan Februari 2018 Hingga Kemarin

"Sampai sekarang ada 33 longsor yang terjadi, ini data dari awal Februari sampai kemarin," katanya

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Peristiwa Longsor di Depok Sudah Terjadi 33 Kali Sejak Bulan Februari 2018 Hingga Kemarin
WARTA KOTA/JOKO SUPRIYANTO
Ilustrasi longsor - Kondisi Perumahan Pesona Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur setelah longsor, Selasa (27/11/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Sejak bulan Februari 2018 hingga Desember 2018, tercatat sudah ada 33 peristiwa longsor di Kota Depok.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti mengatakan jumlah tersebut merupakan data terbaru yang tercatat sampai hari ini.

Baca: Petugas Bekerja 24 Jam Perbaiki Jalan dan Turap yang Longsor di Kalisari Pasar Rebo

"Sampai sekarang ada 33 longsor yang terjadi, ini data dari awal Februari sampai kemarin. Jadi ini data terbaru di bidang SDA Dinas PUPR Depok. Ada yang lokasinya di pinggir kali atau perumahan," kata Citra di Kantor PUPR Depok, Jumat (7/12/2018).

Citra menuturkan longsor terjadi karena sebab yang berbeda, di antaranya pergeseran tanah, bangunan yang melanggar garis sempadan sungai, dan curah hujan yang tinggi hingga memengaruhi kontur tanah.

Berangsur tingginya curah hujan sejak akhir bulan Oktober sampai sekarang mendominasi peristiwa longsor, yakni 28 kejadian longsor.

"Semenjak akhir bulan Oktober sampai sekarang jumlah longsor meningkat. Dari Februari sampai Maret itu cuman ada lima longsor. Nah dari awal Oktober sampai sekarang ada 28 longsor. Jadi jumlahnya meningkat derastis," ujarnya.

Perihal penanganan, Bidang SDA Dinas PUPR Depok memiliki 130 personel untuk penanganan dibantu Tagana dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok.

Baca: Longsoran Tebing Menghancurkan Tembok Rumah Milik Osid

BERITA TERKAIT

Bantuan personel guna mempercepat penanganan longsor karena jumlah Tim Satgas Banjir sangat kurang dari jumlah ideal 625 personel mengingat jumlah kali, irigasi, dan Situ di Depok.

"Jumlah Tim Satgas Banjir 130, sangat kurang karena jumlah idealnya 625 personel. Untuk penanganan kita mengangkat material longsor, memasang cerucuk bambu dan membuat beronjong," tuturnya.

Penulis: Bima Putra

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: 28 dari 33 Longsor di Depok Terjadi Saat Musim Hujan

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas