Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masjid Jami Al Azhar Bekasi Siap Akomodir 2.500 Jamaah Salat Ied

Jamaah yang membawa kendaraan bisa memarkirkan di area luar masjid, namun tetap dijaga oleh panitia maupun petugas keamanan.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Masjid Jami Al Azhar Bekasi Siap Akomodir 2.500 Jamaah Salat Ied
WK/IST
Masjid Jami Al Azhar, Kota Bekasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masjid Jami Al Azhar Jakapermai Bekasi Barat, Kota Bekasi akan kembali menggelar Salat Id pada Rabu (5/6/2019) pagi.

Tidak hanya ruangan utama masjid, pengelola juga berencana akan memakai lahan parkir dan halaman masjid untuk keperluan jamaah salat id di Masjid Jami Al-Azhar.

"Total daya tampung untuk jamaah sekitar 2.500 orang. Itu terdiri dari ruang utama, lahan parkir kendaraan dan halaman masjid," kata Kepala Sekretariat Masjid Jami Al Azhar Jakapermai Kunaevi Sanusi pada Selasa (4/6/2019).

Kunaevi mengatakan, lahan parkir kendaraan sengaja dialihkan sementara untuk tempat salat jamaah.

Maka, bagi jamaah yang membawa kendaraan bisa memarkirkan di area luar masjid, namun tetap dijaga oleh panitia maupun petugas keamanan. 

Baca: Pemudik Tujuan Jawa Barat Juga Masih Padati Terminal Kalideres

Hingga kini, kata dia, Masjid Jami Al Azhar juga telah melakukan berbagai persiapan. Di antaranya membersihkan ruang utama masjid, halaman, dan area parkir masjid.

Tidak hanya itu, pengelola juga menambah satu pompa sumur sehingga ditotal menjadi empat sumur air.

Baca: Pemudik Masih Padati Terminal Kampung Rambutan di H-1 Lebaran

BERITA TERKAIT

"Penambahan sumur dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jamaah yang ingin mengambil air wudhu. Karena beberapa waktu lalu pernah, air yang keluar sangat kecil sehingga perlu ditambah sumur airnya," ujar Kunaevi.

Antisipasi sampah

Guna menghindari sampah kertas bekas alas jamaah, kata dia, pengelola telah menyiagakan 12 petugas kebersihan. Mereka akan membersihkan sampah yang ditinggal oleh para jamaah usai melaksanakan salat Ied di area parkir atau halaman masjid.

"Beberapa panitia dan petugas kebersihan dari pemerintah daerah juga membantu membersihkan sampah. Jadi tidak butuh waktu lama, area masjid akan kembali bersih," imbuhnya.

Kunaevi menambahkan, khotib Idul Fitri 1440 H pada Rabu (5/6/2019) akan dipimpin oleh DR. H. Ahmad Zein Sarnoto, sedangkan imam salat dipimpin oleh H. M. Noer Syarifuddin Zakky Al-Hafid.

"Untuk tema kotbahnya aalah Idul Fitri dan Penanaman Nilai-Nilai Ketakwaan Dalam Upaya Mewujudkan Kebersamaan," ungkapnya. 

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Artikel ini tayang di Wartakotalive dengan judul Masjid Jami Al Azhar Bekasi Siap Tampung 2.500 Jamaah Salat Id

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas