Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Hadir TBM Bukdur Bercerita, Taman Bacaan untuk Anak-anak Sekitar Bukit Duri

Kebiasaan membaca masih rendah di kalangan masyarakat khususnya pelajar, sehingga kehadiran taman bacaan umum untuk masyarakat masih sangat dibutuhkan

Hadir TBM Bukdur Bercerita, Taman Bacaan untuk Anak-anak Sekitar Bukit Duri
Ist
pembukaan taman bacaan 

TRIBUNNEWS.COM, Jakarta - Kebiasaan membaca masih rendah di kalangan masyarakat khususnya pelajar, sehingga kehadiran taman bacaan umum untuk masyarakat masih sangat dibutuhkan.

Karena itu setiap ide atau gagasan untuk membuka taman bacaan dan menumbuh kembangkan semangat membaca harus diapresiasi.

“Membangkitkan minat dan semangat membaca di kalangan anak-anak dan orang tua harus terus ditumbuhkan, demi terciptanya habit atau kebiasaan membaca di kalangan masyarakat. Habit membaca yang baik akan berdampak pada peningkatan mutu SDM Indonesia di masa depan,” ujar penggagas Taman Bacaan Masyarakat (TBM) “Bukdur Bercerita,” Safrudiningsih pada peresmian TBM tersebut di kediamannya, Jalan Bukit Duri Tanjakan III/3, Tebet, Jakarta, Selatan, Sabtu (30/11).

Peresmian TBM Bukdur Bercerita juga bersamaan dengan acara “Workshop Bunda Mendongeng di Hari Dongeng Nasional” yang diselenggarakan Kampung Dongeng Jakarta Selatan.

Para pendongeng dari Jakarta yang hadir yakni oleh Arizal Hambali atau Kak Rizal, Nuryanti alias Kak Yanti, Suciati yang akrab disapa Ka Uci, Titin Yani Yualianti yang biasa dipangil Kak Titin, Muthiah Silmi Sajidah atau Kak Muthi, Safrudiningsih atau Kak Ning, dan Iwan M Ridwan yang disapa Kak Iwan.

Peresmian TBM Bukdur Bercerita dihadiri anak-anak usia SD dan SMP dan para orang tuanya. Anak-anak dengan semangat membaca beragam buku cerita yang disediakan TBM, sementara orang tua mereka mendengarkan paparan tentang kiat dan tips mendongeng untuk anak-anak agar menarik perhatian.

pembukaan taman bacaan
pembukaan taman bacaan (Ist)

Selain penjelasan mengenai kiat dan tips mendongeng, ditampilkan juga hiburan sulap dari Kak Ning yang membuat anak-anak dan orang tua yang hadir terhibur.

Di akhir workshop, para orang tua diminta memperagakan bagaimana mendongeng yang baik. Orang tua yang semuanya perempuan pun tertarik mencoba bagaimana mendongeng.

Ada yang mendongeng tentang kisah “Si Kancil Anak Nakal” dan ada juga yang mendongeng tentang bagaimana mengajarkan bersuci atau berwudhu sebelum salat.

Biasakan Membaca

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas