Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Radiasi Nuklir

Hari Ini Dekontaminasi Area Terpapar Radiasi di Tangerang Selatan Dilanjutkan, 100 Drum Disiapkan

Tim gabungan Batan dan Bapeten kembali melanjutkan dekontaminasi area terpapar radiasi nuklir di Perumahan Batan Indah, Kademangan, Setu, Tanngsel.

Hari Ini Dekontaminasi Area Terpapar Radiasi di Tangerang Selatan Dilanjutkan, 100 Drum Disiapkan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mengambil sisa tanah yang mengandung zat radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (16/2/2020). Pengambilan tanah tersebut akan dibawa ke Batan untuk diidentifikasi guna mengetahui paparan radioaktif di daerah tersebut melebihi batas atau tidak. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG SELATAN - Tim gabungan Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), kembali melanjutkan dekontaminasi area terpapar radiasi nuklir di Perumahan Batan Indah, Kademangan, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (17/2/2020).

"Ini menjadi penting dan prioritas kami sekali lagi kita ingin membersihkan ini meski saat ini sudah aman di radius ini dan fokus ini clean up di titik spot paparan," ujar Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Heru Umbara.

Seperti diberitakan TribunJakarta.com (Tribunnews.com Network) sebelumnya, Batan dan Bapeten sudah mendeteksi sumber radiasi berada di area lahan kosong berukuran sekira 10x10 meter di perumahan itu.

Tim gabungan Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), kembali melanjutkan dekontaminasi area terpapar radiasi nuklir di Perumahan Batan Indah, Kademangan, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (17/2/2020).
Tim gabungan Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), kembali melanjutkan dekontaminasi area terpapar radiasi nuklir di Perumahan Batan Indah, Kademangan, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (17/2/2020). (TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR)

Di area itu, sumber berupa serpihan limbah berjenis cesium-137 sudah berhasil diangkat.

Namun tanah dan pepohonan yang berada di area tersebut sudah terkontaminasi.

Dekontaminasi merupakan kegiatan pembersihan unsur yang terkontaminasi radioaktif dalam hal ini adalah tanah dan pepohonan sekitar.

Pembersihan dilakukan dengan cara menggali tanah dan kemudian membawanya menggunakan drum untuk diteliti di laboratorium khusus.

"Kita bawa 100 drum," jelasnya.

Dekontaminasi terus dilakukan hingga paparan radiasi di sekitar lokasi dinyatakan aman.

Heru memastikan area di luar garis kuning, aman digunakan warga untuk beraktivitas.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: TribunJakarta
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas